-->

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, Kodim 0903/Bulungan Gelar Upacara

  


Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan laksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022  yang dipimpin oleh Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si

bertempat di Lapangan Upacara Kodim 0903/Bulungan, Jalan Kolonel Soetadji, Tanjung Selor, Jumat (28/10/2022).


Kepala Staf Kodim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si dalam upacara membacakan amanat dari Menteri Pemuda Dan Olah Raga Republik Indonesia menyampaikan pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama dapat memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94, dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa".


Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. 


Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.


Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa". Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati, inilah yang menjadi tekad kita meneruskan perjuangan  mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.


Semangat untuk selalu sungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah


Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.   


Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter perlu dikembangkan, agar pemuda mampu menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.


Kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan harmoni. orkestrasi yang sinkron dan  harmoni. 


Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama