-->

Danrem 092/Mrl Dan Dandim 0903/Bulungan Hadiri Penandatanganan Nota Kerja Sama Dibukanya Pendidikan Vokasi Bidang Bahasa Mandarin Di Kabupaten Bulungan

  


Rencana dibukanya pendidikan vokasi bidang bahasa Mandarin di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara segera direalisasikan. Hal ini ditandai dengan telah dilakukannya Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama antara Bupati Bulungan, PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) dan Universitas Kaltara (Unikaltar), dalam mencetak SDM, khususnya pendidikan Program Intensif Vokasi Bahasa Mandarin.


Secara Hybrid melalui aplikasi zoom metting, Perjanjian Kerjasama ini disaksikan langsung oleh Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum, Kamis (1/12/2022).


Diharapkan ini dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut "Mega Proyek" pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning-Mangkupadi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peso yang dibangun di Kabupaten Bulungan.


Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan diera globalisasi modern seperti sekarang ini, bahasa asing merupakan salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Ditambah lagi, persaingan tenaga kerja yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, sangat mempengaruhi tingkat kebutuhan di dunia industri dan dunia usaha.


Selain skill secara teknis, menurutnya juga perlu keahlian lain seperti keahlian bahasa asing. Salah satunya bahasa mandarin.


Kedepan, tak hanya KIPI dan PLTA saja. Luhut mengatakan akan ada nvestasi besar lainnya di Kaltara ini. Nilainya kurang lebih mencapai 130 Miliar US Dollar, dan akan menciptakan lapangan kerja sebanyak 160 ribu orang selama beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, kesiapan tenaga kerja dalam menyambut investasi besar ini penting.


Luhut menyakini, jika Kaltara kedepan akan menjadi provinsi yang maju. Apalagi, katanya, akan ada rencana pembangunan akses jalan tol dari Kaltara menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), atau mungkin jalur kereta api cepat yang saat ini masih dalam tahap perhitungan dan perencanaan.


Setelahnya, dilakukan Rakornis pembahasan progres Tukar Menukar Aset (TMA), Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bulungan.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama