-->

Polsek Gianyar Berikan Pelatihan Kepada Pecalang dan Linmas Di Desa Adat Benawah.

  


Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Gianyar

Polsek Gianyar melaksanakan kegiatan  Pelatihan/pembekalan kepada para pecalang/ Linmas dan Bakamda bertempat di bertempat di Wantilan Pura Desa Adat Benawah, Desa Petak, Kecamatan Gianyar, Jumat (2/12) malam.


Kegiatan tampak dihadiri Kapolsek Gianyar, Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H., Waka Polsek Gianyar AKP I Dewa Putu Raka, Perbekel Desa Petak Anak Agung Gede Mayun, Bendesa Adat Benawah Anak Agung Gede Arnawa, Kanit Binmas AKP I Ketut Suarnata, S.H., Kanit Lantas AKP I Ketut Muliarta, Kanit Intelkam Iptu Dewa Made Malyana, S.H.,  Ketua Saba Anak Agung Rai Wijaya, Ketua Pecalang bersama anggota dan Linmas


Kegiatan pelatihan dan pembekalan ini diawali sambutan Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H. yang mengucapakan banyak terima kasih kepada Prebekel dan Bendesa serta Prajuru adat yang mau menerima dan bekerja sama dengan kepolisian dalam rangka menjalan tugas dan dinas.


Kapolsek Gianyar menyarankan kepada seluruh peserta Pecalang / Linmas ketika ada permasalahan sekecil apapun di masyarakat agar dikoordinasikan ditingkat desa terlebih dahulu kemudian berkolaborasi dengan Bimas dan kalau bisa diselesaikan di tingkat desa. Kepolisian memberikan kesempatan kepada aparatur desa untuk mencarikan solusi yang terbaik, bukan berarti Kepolisian tidak mau menindak lanjuti semua permasalahan tersebut.


Adapun Materi yang diberikan kepada para pecalang dan Linmas diantaranya tata cara pengaturan lalin, sikap dan teknik penyetopan di Jalan, sikap dan teknik memberi tanda jalan, tata cara dan teknik Tiupan Pluit  jalan ataupun stop.


Ketika ada kegiatan di desa adat peran pecalang diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan adat terkait kenyaman warga yang saat beraktifitas yang tentunya dalam pelayanan tersebut agar tetap sesuai kesadaran serta kesopanan terutama pada saat mengatur lalulintas dan yang terutama harus diingat jalan itu adalah hak untuk bersama dan itu bukan hanya untuk kita sendiri dan kelompok.


Sementara itu Ketua Saba mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolsek Gianyar tentang perhatian serta bimbingannya / pembinaan terhadap Pecalang/Linmas terkait tugas dan kewajiban Pecalang dalam melaksanakan tugas di Desa Adat Benawah, terutama dalam bertugas mengatur jalannya setiap kegiatan yang ada di desa tersebut. Selalu menyadari serta tetap kedepankan tata Krama serta kesopanan dalam mengatur lalu lintas ataupun pengalihan arus dan kalau bisa jangan sekali sampai menutup total jalan, sehingga masyarakat lain bisa beraktifitas seperti biasa


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pengaturan lalulintas oleh  Kanit Lantas AKP I Ketut Muliarta sekaligus peragaan langsung agar para Pecalang dan Linmas memahami dan mampu melaksanakan setiap materi yang diberikan.


Selesai pelaksanaan peragaan yang diberikan oleh Kanit Lantas terkait teknik dan peragaan pengaturan lalu lintas kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama