-->

Berantas Hoax, Wakapolresta : Masyarakat Jangan Mudah Terpengaruh dan Terprovokasi

  


Polresta Jayapura Kota-, Bertempat di Gedung Graha Pena Kantor Harian Cenderawasih Pos Entrop Distrik Jayapura Selatan dilaksanakan dialog melalui Sharing Discussion bersama Polresta Jayapura Kota dan Komunitas Facebook Lintas Kejadian Kota Jayapura (LKKJ) dalam rangka Hari Ulang Tahun Cendrawasih Pos Ke 30 Tahun, Sabtu (04/03) Siang.


Bertindak sebagai Narasumber yakni Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H bersama Narasumber lainnya dari Humas LKKJ Esron Pakpahan dengan Moderator Deni.


Kegiatan Sharing Discussion mengangkat tema Upaya Pihak Keamanan Dalam Menangani Hoax. Bagaimana kita menjadi masyarakat Kota Jayapura dengan pemikiran positif untuk membangun kota yang lebih baik dan upaya apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi sumber pengaruh penyebar berita hoax.


Wakapolresta AKBP Deni dalam penyampaiannya mengatakan, Hoax adalah ancaman baru untuk bangsa Indonesia, sebab ia mampu mempengaruhi pikiran manusia (menggirinh opini) secara massal dalam waktu singkat, dengan biaya yang murah dan sulit dilacak atau diidentifikasi.


"Kami dari Polresta Jayapura Kota telah melakukan upaya-upaya dalam menangani penyebaran Hoax diantaranya ada Patroli Siber di Jejaring Sosial Media Dan Website, Kita juga telah melakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas dan Polsek Jajaran Polresta Jayapura Kota dan Juga melalui Program Para-para Numbay," ucap Wakapolresta.


Ia juga menambahkan, kami juga bersinergi dengan Instansi terkait seperti Kominfo guna upaya menangani Hoax dan juga kami selalu memberikan Himbauan melalui Media Sosial apabila adanya isu-isu atau berita Hoax yang terjadi di Kota Jayapura melalui Humas Polresta Jayapura Kota.


"Untuk masyarakat Kota Jayapura apabila menerima berita Hoax agar dapat melaporkan pada Call Center Polresta Jayapura Kota dan Polsek Jajaran yang bisa didapat di media sosial Polresta Jayapura Kota, baik di Facebook, Instagram hingga Twitter," jelas AKBP Deni.


Ditempat yang sama, Humas LKKJ Esron Pakpahan mengatakan, LKKJ merupakan bagian dari pada wadah media tetapi di dalam pemberian informasi kami berupaya bersinergi dengan TNI-Polri kami menempatkan diri pada informasi yang akurat sesuai fakta dan tidak semena-mena asal memberikan informasi yang tidak benar kepastiannya.


"Kami LKKJ ketika menerima informasi yang ada maka kami turun langsung dan melempar ke publik namun sebelumnya kita mengambil keterangan-keterangan di lapangan apakah ini benar atau tidak," ujar Esron.


Diakhir kegiatan Wakapolresta Jayapura Kota menambahkan, Hoax adalah musuh kita bersama jangan pernah percaya informasi yang belum benar, apabila ada informasi yang tidak baik berdasarkan pemikiran kita segera di sampaikan kepada kami Pihak Kepolisian maupun pihak berwenang lainnya.


"Mari bersama menjaga keamanan dan ketertiban baik dari kalangan apapun, kita harus bergandengan tangan melawan Hoax dan berita yang tidak baik untuk menciptakan situasi tetap aman dan kondusif di Kota Jayapura," pungkas Wakapolresta


Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Cinderamata dari Cendrawasih Pos yang di serahkan oleh Pimpinan Redaksi Cepos Lucky Ireeuw kepada Narasumber Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H., dan Humas LKKJ Esron Pakpahan.(*)


Penulis : Edgard

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama