-->

Polsek Nusa Penida Tetap Rutin Laksanakan Razia Kendaraan Wujudkan Tertib Berlalu Lintas di Nusa Penida




Polda Bali - Polres Klungkung - Polsek Nusa Penida
-Dalam rangka menjaga ketertiban dalam berlalu lintas serta untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, Polsek Nusa Penida menggelar razia kendaraan di wilayah hukum Polsek Nusa Penida.seperti yang dilaksanakan personel Polsek Nusa Penida di jalan Raya Prapat, Ped, Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (8/4/2023 ).

Seperti diketahui perkembangan pariwisata di Nusa Penida sangat pesat, mengakibatkan meningkatnya mobilisasi kendaraan di jalan.Belum lagi ditambah perilaku masyarakat setempat dan wisatawan yang masih kurang sadar terhadap keselamatan diri, khusunya penggunaan helm keselamatan.

Untuk itu Polsek Nusa Penida melaksanakan razia kendaraan dengan 'Hunting Sistem' yaitu pemeriksaan secara insidental karena tertangkap tangan dilakukan saat terjadi pelanggaran yang terlihat secara kasat indera ataupun tertangkap oleh alat penegakan hukum elektronik.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan ketika polisi melakukan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli di jalan

Razia kali ini dipimpin langsung oleh Kanit Lantas Polsek Nusa Penida AKP Sang Ketut Susila yang menyasar tentang kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, kelengkapan administrasi berupa STNK, SIM, TNKB, dan yang paling penting penggunaan helm standar untuk keselamatan pengendaran.

Dalam kegiatan razia kali ini tidak semua pelanggaran dilakukan penilangan masih dilakukan peneguran dan dicatat sebagai indentitas apabila dikemudian kembali melakukan pelanggaran akan ditindak tegas, namun ada beberapa yang ditindak tegas berupa penilangan yang salah satunya WNA asal Spanyol yang tidak menggunakan alat keselamatan diri berupa helm dan tidak dilengkapi dengan SIM internasional.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, S.Sos., secara terpisah menyampaikan, kegiatan razia kendaraan ini akan tetap dilaksanakan, untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, dan mencegah terjadinya kecelakaan.

"Kecelakaan terjadi diawali oleh suatu pelanggaran" tambahnya. (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama