-->

Sipena Pasti (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Pasien Persalinan) RSUD Grati Resmi Diluncurkan



Pasuruan - SIPENA PASTI (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Pasien Persalinan RSUD Grati) yang di-launching oleh Bupati Pasuruan Dr. H.M. Irsyad Yusuf, S.E., M.M.A. pada awal tahun 2022, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 


Terutama masyarakat Kabupaten Pasuruan. Ini, lantaran bayi yang baru lahir di RSUD Grati langsung bisa mendapatkan kartu keluarga (KK), akta kelahiran, kartu identitas anak (KIA), termasuk mendapatkan prangko eksklusif bayi yang merupakan satu-satunya di Indonesia.


Yang istimewa, RSUD Grati bahkan juga memberikan layanan kearifan lokal. Yaitu, ketika bayi baru lahir akan diberikan jenang merah termasuk didoakan oleh Ustad.


Kita mempunyai layanan KEARIFAN LOKAL, bagi bayi yang belum mempunyai nama, pihak RS Grati menyediakan buku nama bayi dan disediakan jenang merah serta didoakan oleh ustad dari RS sehingga bisa diunggah datanya yang lengkap sudah dengan nama bayi ke sistem Dispenduk Capil. Selama 1×24 jam pihak RS sudah bisa mencetak print kartu keluarga, akta kelahiran di RS Grati sehingga pada waktu ibu dan bayinya pulang sudah bisa diberikan,” ungkap Direktur RSUD Grati drg Dyah Retno Lestari, M.Kes.


Ditambahkan Dyah Retno, layanan kearifan lokal ini ada karena pada awal inovasi belum berjalan lancar. Kendalanya, bayi belum punya nama dan akan diberikan nama di rumah juga didoakan di rumah. “Alhamdulillah, setelah kita siapkan buku, dibuatkan jenang merah dan ada ustad yang mendoakan, inovasi ini bisa berjalan,” tambahnya.


Layanan Si Pena Pasti sendiri juga berjalan sejak 2 tahun lalu dan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan, telah mempercepat dan memudahkan pengurusan identitas kependudukan bayi baru lahir. Selain itu, mempercepat administrasi pendaftaran bayi baru lahir.


Dan kini makin istimewa dengan bekerja sama dengan POS Indonesia untuk menerbitkan prangko eksklusif bagi bayi yang baru lahir. Hal ini tentunya bisa menjadi kenang-kenangan yang istimewa kepada keluarga.


Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron mengapresiasi berbagai inovasi yang sudah dilakukan RSUD Grati. Hal ini terutama bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan demi kepuasan pasiennya dan berharap agar layanan Si Pena Pasti dapat terus ditingkatkan. Karena hal tersebut akan berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat kepada RSUD Grati.


“Kalau layanannya semakin ditingkatkan dan pasien puas, maka sudah pasti akan dipercaya. Itulah yang namanya public satisfaction atau kepuasan masyarakat,” harapnya.


Salah satu pasien RSUD Grati yang sudah merasakan manfaat layanan ini merasa sangat terbantu dengan inovasi Si Pena Pasti. Agus Zakaria, warga Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, yang dikaruniai bayi kembar putra, sangat berterima kasih dan terbantu penuh oleh RSUD Grati. “Senang banget karena begitu lahir, anak saya sudah punya akta kelahiran. Namanya langsung tercantum di KK dan punya KIA. Maturnuwon sekali pokoknya,” ungkapnya.  (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama