-->

Aliansi Warga Utara Kota Pasuruan Dukung Penuh Walikota Lanjutkan Pembangunan JLU


PASURUAN - Aliansi Warga Utara (AWUR) yang berdomisili di pesisir Kota Pasuruan terus mendukung dan mensupport Pemerintah Kota Pasuruan agar rencana pembangunan JLU tetap dilanjutkan. Hal itu disampaikan saat aksi di depan kantor Pemkot. Dalam aksinya, mereka mengatakan dukungannya terkait rencana pembangunan JLU.


Usai berorasi di depan kantor Pemkot, sejumlah perwakilan massa masuk ke dalam ruang rapat Untung Suropati. Mereka ditemui Wali Kota dan Sekda, Kamis (3/8/23).


Salah satu anggota AWUR, Ali menyebut, proyek JLU yang telah diinisiasi sejak 2009 ini dinilai sangat penting untuk dilanjutkan, karena diproyeksikan bakal memberikan dampak positif terhadap warga pesisir.


“Di sana itu kan RTRW-nya sudah dijadikan kawasan industri. Mungkin nanti bukan kita yang menikmati, tetapi anak cucu kita,” kata Ali.


Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf memastikan untuk tetap melanjutkan rencana pembangunan Jalur Lingkar Utara (JLU). Pihaknya juga mengapresiasi aspirasi yang disampaikan Aliansi Warga Utara. Menurut dia, "ini merupakan bentuk dukungan terhadap Pemkot untuk melanjutkan pembangunan JLU." Katanya.


Ia juga menambahkan bahwa proyek pembangunan JLU sudah masuk di dalam RPJMD Kota Pasuruan, sehingga bisa dipastikan proyek ini bakal dilanjutkan.


“Prosesnya saat ini mungkin sudah 30 persen. Doakan saja,” tambah Gus Ipul.


Diketahui, saat ini Pemkot masih merampungkan kajian AMDAL untuk pembangunan JLU. Setelah itu pemkot harus menyusuri dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).


Pembangunan JLU ini diestimasikan membutuhkan biaya hingga 1 triliun. Untuk pembiayaannya, Pemkot bakal mengajukan proposal bantuan keuangan ke pemerintah pusat.


Sebelum Aliansi Warga Utara (AWUR) meninggalkan ruang rapat Untung Suropati, perwakilan dari AWUR memberikan surat pernyataan untuk Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf agar menandatangani pernyataan tersebut.


Pernyataan tersebut berbunyi :

Saya Saifullah Yusuf Walikota Pasuruan, dengan ini menyatakan melanjutkan pembangunan Jalur Lingkar Utara sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan masa jabatan saya, sebagai bentuk komitmen dan pertanggungjawaban moral saya kepada warga Kota Pasuruan secara umum dan khususnya warga Pasuruan Utara, Pasuruan, Kamis Legi 03 Agustus 2023 tertanda tangan dengan materai Rp.10.000 Drs. H. Saifullah Yusuf. (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama