-->

Peduli Warga Binaan, Serda Yusron Khamim Babinsa Koramil 23/Sukorejo Bantu Warga Ambil Air Bersih


Pasuruan-Sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa), sudah menjadi kewajiban untuk membantu  mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat dan mampu menjadi solusi dalam penyeleseiannya. Seperti yang dialami warga Desa Sukorame, Mereka harus mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dari sumber mata air yang sangat jauh dari pemukiman warga.


Serda Yusron Khamim Prajurit Kodim 0819/Pasuruan yang bertugas sebagai Babinsa koramil 23/Sukorejo membantu ibu-ibu warga Desa Sukorame mengambil air dari sumber mata air yang berada di pinggir sungai Desa Sukorame Kec. Sukorejo Kab. Pasuruan. Rabu (09/11/23)


Meski jarak sumber mata air yang cukup jauh dari pemukiman warga, namun jarak itu tidak mematahkan semangat prajurit TNI sebagai Babinsa yang mengabdi di Desa Sukorame untuk membantu warga yang kesulitan air bersih.


Hal itu dilakukan Serda Yusron Khamim sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga desa binaannya dengan membawa jerigen yang terisi air penuh. Meski demikian, prajurit TNI berpangkat Sersan Dua (Serda) ini tidak pernah bosan membantu warga Desa binaannya sejak bertugas di wilayah tersebut. Baginya rakyat merupakam keluarga TNI, bersama rakyat TNI kuat, dan itu tidak terlepas dari filosofih TNI berasal dari rakyat.


Hal itu dilakukan mengingat pada setiap musim kemarau sering terjadi kekurangan air bersih, Kondisi ini memaksa warga harus mengambil air bersih untuk keperluan sehari-hari  dari sumber mata air yang berada di pinggir sungai. 


“Untuk mendapatkan air bersih ada sebuah sumber mata air dan untuk menempuh lokasi itu warga sekitar harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki karena harus melalui jalan berbatu yang tidak dapat ditempuh dengan kendaraan apapun,” ujar Serda Yusron.


Menurut warga Desa sekitar, sumber mata air yang berada di sungai tersebut airnya tidak pernah surut dan sangat bersih meski pun pada saat musim kemarau setiap tahun, sehingga sangat aman untuk di konsumsi.


Kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) yang dilakukan oleh Anggota Babinsa Koramil 0819/23 Sukorejo sebagai satu metode pembinaan teritorial. Tujuannya agar terjalin komunikasi dan interkasi yang baik antara Babinsa dan warga Desa binaannya, sehingga diharapkan terwujudnya hubungan emosional yang erat antara TNI dan warga.  (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama