-->

Mengutamakan Mutu Dan Keselamatan Pasien, RSUD Grati Terus Tingkatkan Pelayanan


PASURUAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Grati yang berusia 5 tahun semakin hari semakin berbenah dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan visi “Menuju Kabupaten Pasuruan Yang Sejahtera, Maslahat Dan Berdaya Saing” dan mempunyai tujuan "Terdepan Dalam Pelayanan, Pendidikan Dan Penelitian Dengan Mengutamakan Mutu Dan Keselamatan Pasien” serta mempunyai misi “Meningkatkan pelayanan dasar terutama pelayanan kesehatan, permukiman dan pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan formal dan non formal sebagai wujud  afirmasi pendidikan karakter di Kabupaten Pasuruan”.


RSUD Grati memiliki tiga pelayan inovasi unggulan, diantaranya adalah :


1. INOVASI AVENGERS (ADVANCED INITIATION GRATI EMERGENCY RESPONSE)


Pelayanan kegawatdaruratan merupakan kejadian tiba-tiba dan membutuhkan tindakan segera. Kegawatdaruratan terjadi karena trauma atau non trauma mengakibatkan henti jantung, kerusakan organ dan perdarahan. Kegawatdaruratan bisa terjadi pada siapa dan di mana saja. Berdasarkan SK Direktur nomor 440/SK/1.1/424.072.02/2022 tentang penetapan pelayanan inovasi ‘’Avengers’’ Kegawatdaruratan.


Dengan adanya permasalahan tersebut di atas RSUD Grati membuat suatu terobosan bagi pasien yang membutuhkan penanganan kegawatdaruratan pre hospital (tempat kejadian) hingga penanganan sampai di IGD RSUD Grati yaitu Inovasi AVENGERS (Advanced Initiation Grati Emergency Response ) melalui aplikasi di play store.


2. “SISTER PERI” SISTEM TERPADU PELAYANAN GERIATRI RSUD GRATI KABUPATEN PASURUAN


Inovasi Sistem Terpadu Pelayanan Geriatri (SISTER PERI) diciptakan untuk mengatasi berbagai masalah di atas. SISTER PERI merupakan optimalisasi pelayanan terhadap lansia yang jumlahnya relatif besar di wilayah tersebut. Enam kecamatan ditetapkan sebagai wilayah operasional, yakni Grati, Nguling, Lumbang, Lekok, Rejoso dan Winongan.


3.“SI PENA PASTI” SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PASIEN PERSALINAN RSUD GRATI KABUPATEN PASURUAN


Layanan ini merupakan kerja sama antara RSUD dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Pasuruan. Dimana apabila ada pasien yang akan melahirkan di RSUD Grati, maka akta kelahiran sang anak maupun kartu keluarga hingga kartu identitas anak bisa langsung terbit hari itu juga dan gratis.


Dengan motto "Melayani Sepenuh Hati" RSUD Grati kerap kali menjadi percontohan RSUD lain. Salah satunya, RSUD Grati menjadi lokus studi lapangan untuk Pelatihan Kepemimpinan Administator Angkatan VII Pemerintah Kota Banjarmasin.


Dalam kesempatan itu, Direktur RSUD Grati Dyah Retno Lestari memaparkan profil RSUD Grati beserta jenis-jenis pelayanan dan inovasi yang telah dilakukan.


Menurutnya, peserta sangat antusias saat dirinya memaparkan berbagai inovasi RSUD Grati. Pihaknya juga mengajak rombongan mengunjungi beberapa tempat di RSUD Grati. Mulai dari Kebun Lansia dan Green House RSUD Grati.


“Kami berharap kegiatan studi lapangan dapat berjalan sesuai harapan dan memberi manfaat bagi kita semua,” ujar Retno.


Direktur RSUD Grati Kabupaten Pasuruan Diah Retno Lestari juga mengajak rombongan ke Ruang Inovasi Geriatri (Sister Peri), dilanjut ke kamar bersalin (inovasi si pena pasti), terakhir ke ruang aplikasi avengers (inovasi mobil kegawatdaruratan quick respons).


Bukti nyata, RSUD Grati menjadi percontohan RSUD lain dalam pelayanan kesehatan dan inovasi inovasi yang dimilikinya.


Diketahui, RSUD Grati memiliki banyak klinik spesialis. Diantaranya spesialis kandungan, anak, penyakit dalam, bedah, saraf, gigi dan bedah mulut, paru dan pernafasan, ortopedi, mata, jiwa, rehabilitasi medik, kulit dan kelamin, jantung, dan sebagainya.


Untuk klinik jantung saat ini sudah mulai beroperasi kembali dan layanan klinik jantung beroperasi dengan jam buka loket setiap senin dan kamis mulai pukul 7.30 sampai pukul 12.00 . pelayanan treadmill, electrocardiografi hingga echocardiografi. Untuk pelayanan sampai selesainya pasien. (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama