-->

Babinsa Kelurahan Karang Anyar Pantai Aktif Awasi Tumbuh Kembang Anak Di Wilayah Binaan.

 




Tarakan - Babinsa memiliki peran penting dalam mendukung masyarakat setempat. Salah satu peran utama mereka adalah sebagai pendamping puskesmas/Posyandu dalam upaya pencegahan stunting.


Seperti yang dilakukan babinsa Koramil 0907/03 Tarbar Serma Suparman dalam melaksanakan pendampingan Posyandu dalam Pengecekan Kesehatan Mencegah Stunting bertempat diwilayah Kelurahan Karang Anyar Pantai,Kec.Tarakan Barat,Selasa(27/02/2024).


Babinsa memiliki peran penting dalam mendukung masyarakat setempat. Salah satu peran utama mereka adalah sebagai pendamping puskesmas/Posyandu dalam upaya pencegahan stunting.


Serma Suparman mengatakan,bahwa hadirnya Babinsa merupakan sebagai penghubung antara Puskesmas dan masyarakat setempat."selain memberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang, pola makan yang baik, dan perawatan kesehatan anak-anak kepada para orangtua,

Kami juga membantu mengorganisir dan mendukung kegiatan pengecekan kesehatan rutin di desa mereka. Ini termasuk pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan status gizi anak-anak. Hasil dari pengecekan ini menjadi acuan untuk tindakan lebih lanjut",ucapnya.


Sementara itu,Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C Simarmata mengatakan,Kerjasama erat antara Babinsa dan Puskesmas merupakan elemen kunci dalam upaya mencegah stunting. Babinsa membantu masyarakat untuk memahami pentingnya pemantauan kesehatan anak-anak dan perawatan yang tepat. Mereka juga berperan dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul, seperti akses terbatas ke fasilitas kesehatan.


"Puskesmas, di sisi lain, menyediakan sumber daya medis dan tenaga ahli untuk melakukan pengecekan kesehatan yang akurat dan memberikan perawatan yang diperlukan. Melalui kerjasama ini, stunting dapat dideteksi lebih awal, dan intervensi yang tepat dapat diberikan untuk membantu anak-anak tumbuh dengan sehat",jelasnya.


Ia menambahkan,Peran Babinsa dalam pendampingan Puskesmas mencegah stunting adalah contoh nyata dari kolaborasi yang efektif antara militer dan sektor kesehatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan upaya bersama ini, diharapkan bahwa stunting dapat dicegah, anak-anak dapat tumbuh dengan baik, dan masa depan generasi penerus bangsa dapat lebih cerah,Pungkasnya.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama