-->

Polres Tabanan Giatkan Patroli Ke Perumahan Warga, Cegah Pencurian di Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik


Tabanan-Jajaran Polres Tabanan melakukan kegiatan pengamanan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya saat mudik dengan menggencarkan patroli harkamtibmas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445/2024.


Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama periode mudik dan lebaran. Polres Tabanan berharap masyarakat dapat dengan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan perlindungan dari pihak Kepolisian.


Seperti terlihat malam ini Selasa ( 9/4/2024 ) Personil Sat Samapta Dalmas dan Patroli Melaksanakan giat Patroli Printis Presisi, dengan kekuatan 5 personil dipimpin oleh Bripka I Putu Astika Atmaja. 


Sasaran Patroli malam ini antara lain, Perumahan Sangulan Indah, Perumahan Rajawali Pesiapan, Perumahan Grya Pangkung Prabu, Perumahan Taman Sari Residence


Kapolres Tabanan  AKBP Leo Dedy Defretes ,S.H.,S.I.K.,M.H,  menjelaskan bahwa patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadinya tindak kejahatan terutama pencurian rumah kosong di pemukiman warga yang ditinggal mudik pada lebaran Idul Fitri tahun ini.


“Kami dari Polres Tabanan, melakukan patroli dengan mengunjungi pos ronda ataupun posko-posko keamanan mandiri lainnya, yang bertujuan untuk mengimbau dan mengingatkan kepada para tenaga keamanan agar lebih waspada selama bertugas,” ujar Kapolres. 


Ditambahkan Kapolres, personel yang berpatroli juga melakukan dialog dengan petugas keamanan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, termasuk waspada terhadap kendaraan yang keluar masuk perumahan.


“Jadi, kami minta untuk masyarakat dan para tenaga keamanan agar mengetahui rumah warga mana saja yang ditinggal mudik. Terangnya. 


Selain itu, pihak Kepolisian juga memberikan imbauan kepada warga untuk melakukan patroli di rumah kosong. Masyarakat diimbau untuk melapor ke call center 110 atau ke Bhabinkamtibmas jika ada orang yang gerak geriknya mencurigakan atau menemukan tindak kriminalitas.


Kapolres juga memerintahkan Kapolsek dan para bhabinkamtibmas untuk koordinasi dengan aparat desa yang ada untuk mendata dan memetakan wilayah pemukiman ataupun komplek perumahan yang banyak ditinggal mudik penghuninya.


“Semua sudah didatakan, dan dari data itu baru kita fokuskan patroli secara masiv dan berkala. Dalam pelaksanaan patroli ini kami juga memerintahkan personel Polsek jajaran untuk melaksanakan kegiatan yang serupa dibeberapa titik perumahan yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan,” terang Kapolres.


( Humas Polres Tabanan )

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama