-->

Wapres Ma'ruf Amin Minta Seluruh Pihak Identifikasi Faktor Penghambat Penurunan Kasus Stunting


Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pihak-pihak terkait mengidentifikasi dan menavigasi faktor-faktor penghambat percepatan penurunan prevalensi stunting.

"Saya minta faktor-faktor yang menyebabkan capaian penurunan stunting semakin melambat dalam dua tahun terakhir ini, agar diidentifikasi dan dinavigasi," ujar Wapres Ma'ruf Amin, Kamis (25/4/24).

Wapres Ma'ruf Amin menekankan pemerintah telah menetapkan percepatan penurunan stunting sebagai prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional. Berbagai upaya telah dilakukan namun belum semuanya memberikan hasil baik.

Ia menilai, pengidentifikasian faktor penghambat percepatan penurunan stunting menjadi sangat penting, sebab stunting dapat mempengaruhi daya saing bangsa yang bertumpu pada mutu sumber daya manusianya.

Untuk itu Wapres Ma'ruf Amin meminta, pencegahan terjadinya stunting untuk dilakukan sejak awal di tingkat keluarga, dengan memastikan pemenuhan gizi bagi setiap anggota rumah tangga, ASI eksklusif bagi bayi usia 0–6 bulan, akses sanitasi dan air minum yang aman, perilaku hidup bersih dan sehat, serta pengasuhan yang layak.

“Keluarga juga harus lebih proaktif untuk mendapatkan akses layanan kesehatan, seperti pemeriksaan ibu hamil secara rutin, imunisasi, dan pemantauan tumbuh kembang bagi anak-anak secara berkala,” ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Di sisi lain, Wapres juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk fokus pada strategi dan pendekatan terhadap pencegahan terjadinya stunting baru, tanpa mengurangi intervensi pada anak stunting.

“Arahkan berbagai intervensi kebijakan pada hal-hal yang mempunyai daya ungkit tinggi untuk mempercepat penurunan stunting,” pinta Wapres Ma'ruf Amin. (*)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama