Prajurit Marinir TNI AL Gelar Peringatan HUT TNI AL Di Kesatrian Karangpilang Surabaya


SURABAYA - Peringati HUT ke 73 TNI AL Tahun 2018, segenap prajurit dan PNS Marinir Karangpilang melaksanakan upacara di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Senin (10/9/2018).

Upacara dipimpin Danmenart 2 Marinir Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar, S.E., selaku Inspektur Upacara dan Kapten Marinir Asad Danrai C Yonarhanud 2 Marinir selaku Komandan Upacara serta Serda Marinir Risky Dancuk 1 Baterai Alfa Batalyon Arhanud 2 Marinir sebagai pengucap Sapta Marga.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M., dalam amanat yang dibacakan Danmenart 2 Marinir mengatakan, tanggal 10 September 1945 Fakta sejarah telah ditetapkan hari jadi TNI AL yang merupakan momen penting untuk mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI AL yang Ke-73 kepada negara dan bangsa Indonesia.

Dalam kurun waktu 73 Tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita untuk memperjuangkan dan mempertahankan negara kesaruan Republik Indonesia melalui laut. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut.

Sebagai Negara kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, sumer daya laut kita sangat melimpah, Namun belum dapat di manfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat indonesia.

Dengan Tema BERSAMA RAKYAT TNI ANGKATAN LAUT SIAP MEMBANGUN BANGSA GUNA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MELALUI LAUT. Lanjutnya, TNI Angkatan Laut bersama komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut. Dengan meningkatkan kekuatan dan kemampuan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim, baik diwilayah perairan yuridiksi Nasional Indonesia maupun kawasan yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan Bangsa.

Sementara itu, perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, memiliki implikasi yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit di prediksi karena ketidak teraturan dan ketidak stabilan, dalam kurun lima tahun kedepan, dinamika yang perlu di cermati diantaranya pertumbuhan Ekonomi yang berimplikasikan pada perkembangan kekuatan militer khususnya kawasa Asia Pasifik.

“Dinamika ini sangat mempengaruhi pola an bentuk ancama yang semakin kompleks dan multidimensional, yaitu ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan tidak nyata. Oleh karena itu, menjadikan TNI Angkatan Laut yang Profesional dan didukung Alutista modern merupaka keniscayaan untuk menghadapi dinamukan ancaman tersebut. lanjut amanat KASAL yang di bacakan Danmenart 2 Marinir.

Menyertai upacara yang sarat dengan nuansa kebahagiaan, Danmenart 2 Marinir menyampaikan terima kasih Kepala Staf TNI Angkatan Laut kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AL atas Dedikasi, Loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang di embankan kepada TNI AL.

Sementara itu kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI AL yang selalu memberikan dukungan, motivasi, sumbangan pemikiran dan doa yang tulus ikhlas, Kasal mengingatkan bahwa hal itu memberikan kepercayaan diri yang kuat bagi prajurit dalam melaksanakan tugas yang diemban.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut memberikan beberapa hal penekanan yang harus dilaksanakan prajurit yaitu, Pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa, serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara.,Tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang profesional, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan wajib TNI dan Tri  Sila TNI AL dalam melaksanakan tugas, Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab disertai kerelaan berkorban dan Integritas yang tinggi., Pelihara Alutista yang dipercayakan Negara., Tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap lingkungan strategis yang selalu bergerak dinamis, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara.

Hadir dalam kegitan tersebut, Danmenbanpur 2 Marinir Kolonel Marinir Arinto Benny Sarana, Wadanmenbanpur 2 Marinir Letkol Marinir Darwin Tambunan, para perwira staf, Dansatlak Menart 2 Mar dan Menbanpur 2 Mar.  (red)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.