Hari Santri Nasional, 20 Ribu Santri Anggota PCNU Kediri Gelar Upacara Bendera



KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2018, PCNU Kabupaten Kediri bersama 20.000 Santri Kediri melaksanakan upacara bendera di Stadion Candabhirawa Kota Pare Kecamatan Pare Kabupaten  Kediri Jawa Timur, (22/10/2018).

Upacara yang dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Kediri KH. Muhammad Makmun juga di hadiri oleh aparat Pemerintahan, TNI, POLRI, juga tokoh lintas agama. Dalam pelaksanaannya, upacara bendera kali ini melibatkan seluruh Banom NU mulai dari Pengurus Cabang hingga Anak Ranting NU se Kabupaten Kediri, ikut juga diantaranya beberapa lembaga baik formal/ non formal, Pondok Pesantren, Sekolah serta kelompok kursusan bahasa inggris.

Dalam upacara bendera merah putih, para peserta dengan memakai sarung dan berkopyah ciri khas santri nusantara mengikuti dengan hidmat membacakan teks Resolusi Jihad dan ikrar Santri Indonesia. Sebagai Pimpinan upacara Ketua tanfidziyah PCNU Kabupaten Kediri KH. Muhammad Makmun saat di temui wartawan tribunus.co.id mengatakan "dalam momen seperti ini (HSN) sebaiknya kita jadikan sebagai pendongkrak atas kecintaan kita terhadap para pahlawan kususnya para kyai-kyai yang ikut pula telah berjasa dalam memerdekakan bangsa ini, acara seperti ini juga menambah tingginya rasa nasionalisme kita terhadap persatuan dan kesatuan bangsa demi kedaulatan sebuah negara yang aman, tentram dan damai dalam bingkai NKRI," tuturnya.


Sementara itu Kapolres Kediri Roni Faisal, mengatakan "saya berharap kepada para santri bisa turut membawa perubahan dan menjadi bagian dari usaha polisi dalam melawan hoax, intoleransi maupun faham radikalisme yang berkaitan dengan SARA di tengah-tengah masyarakat, sebagai santri saya yakin mereka bisa turut pula menjadikan negara ini kususnya Kediri ini tetap aman, damai tanpa hoax," tuturnya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan donasi dari LAZISNU Kediri  yang telah berhasil dikumpulkan dari berbagai PAC untuk korban gempa dan tsunami mencapai Rp 228 juta. Dan secara simbolis bantuan tersebut di serahkan langsung kepada Ketua Tanfidiyah PC NU Kabupaten Kediri KH Muhammad Makmun, untuk selanjutnya akan di serahkan ke PWNU Jawa Timur.(amin)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.