-->

Dandim 1617/Jembrana Tinjau Bendungan Jebol di Penyaringan



TRIBUNUS.CO.ID, JEMBRANA -   Setelah menyalurkan bantuan bagi para korban bencana banjir bandang Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefry Marsono Hanok melakukan peninjauan Bendungan Tegal Gintung di Lingkungan Munduk Anyar, Kelurahan Tegalcangkring, Selasa sore (08/01) yang jebol pada saat banjir bandang yang terjadi pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 silam.

Dandim didampingi oleh Danramil 1617-02/Mendoyo Kapten Inf. Supena, Koordinator Penyuluh Pertanian I Ketut Suardana, Babinsa Kelurahan Tegalcangkring dan Desa Penyaringan,  PPL Kel. Tegalcangkring I Wayan Sukadana serta Staf Desa Penyaringan dan Penjaga Bendungan Tegal Gintungan.

Untuk menuju lokasi bendungan Dandim dan rombongan harus berjalan kaki menempuh jarak 1 Km menuju bendungan karena akses jalan menuju lokasi hanya ada jalan setapak.

Setibanya di lokasi rombongan mengecek kondisi Bendungan Tegal Gintung yang rusak akibat diterjang banjir bandang dan irigasi yang ada di Lingkungan Munduk Anyar dan Banjar Penyaringan yang tersumbat oleh tanah bekas endapan banjir bandang serta kondisi saluran irigasi yang mensuplai air ke sawah Subak Penyaringan.

Menurut PPL Desa Penyaringan bahwa perbaikan bendungan dan saluran irigasi sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat yang memiliki sawah (Petani) di Desa Penyaringan dan Kelurahan Tegalcangkring untuk kelancaran dalam pengairan sawah sehingga perlunya penanganan yang cepat dari pihak pemerintah daerah, agar saluran irigasi tersebut dapat dinormalisasi dan dapat mengairi sawah yang saat ini sudah memasuki musim tanam.

Sawah yang lagi membutuhkan air tersebut antar lain sawah Subak Penyaringan, Subak Tegal Gintung, Subak Pergung, Subak Delod Berawah, dan Subak Yeh Kuning dengan luas keseluruhan sekitar 436 Hektare

Dandim Jembrana menegaskan pihaknya akan membantu semaksimal mungkin dalam menormalisasi bendungan dan saluran irigasi tersebut dengan akan diadakannya karya bakti untuk memperbaiki saluran irigasi yang tersumbat serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk merehabilitasi Bendungan Tegal Gintung yang rusak parah diterjang banjir bandang. (Kodim 1617/Jembrana)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama