-->

Tips Kerja Di Depan Komputer



Bekerja di depan komputer bukan berarti anda terhindar dari kecelakaan kerja ataupun terhindar dari masalah kesehatan. Ada beberapa tips menarik seputar bekerja di depan komputer, yuk kita simak semoga dapat diterapkan di kehidupan kerja sehari-hari. tips bekerja di depan komputer



1. Aturlah Posisi Duduk. Ini merupakan langkah awal yang perlu anda lakukan. Dengan posisi badan yang tegak dan posisi lutut yang sejajar ataupun sedikit lebih rendah posisinya dengan pinggul. Dengan posisi seperti ini, jarak pandang antara mata dan monitor komputer akan terjaga. Ini akan menghindarkan anda dari pengaruh radiasi monitor yang dapat menggangu kesehatan mata anda. Anda juga bisa menaruh bantal kecil di belakang punggung bawah Anda, supaya sekitar pinggang dan bokong bisa nyaman dan beristirahat.



2. Istirahatlah setelah 20-30 menit bekerja. Istirahat sangatlah perlu dilakukan apabila kita bekerja di depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Istirahat dan lakukanlah peregangan otot selama 1-2 menit setelah 20-30 menit anda bekerja. Beristirahat perlu dilakukan secara periodik untuk menghindari kelelahan mata. Setelah 1 jam bekerja di depan komputer, istirahatlah selalu selama 5-10 menit dengan

melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan komputer. Terlalu lama melihat komputer tanpa istirahat akan berdampak negatif pada kesehatan anda seperti nyeri pada bagian punggung yang akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan tulang belakang sebagai pusat saraf dan kesehatan ginjal. Jangan lupa, minumlah air putih supaya Anda terhindar dari dehidrasi dan sakit pinggang. Duduk terlalu lama bisa membuat cairan dalam tubuh menjadi berkurang.



3. Jagalah Kesehatan Mata Anda. Mata adalah hal yang paling penting dalam bekerja menggunakan komputer. Perhatikan sirkulasi udara dan gunakan cahaya ruangan yang cukup agar mata anda tetap sehat. Cucilah mata dan muka dengan air dingin untuk membantu membuat mata dan wajah anda menjadi rileks dan kembali segar serta mengurangi ketegangan mata akibat lelah. Sering berkedip dan tidur 6 – 8 jam sehari dan istirahatkan mata Anda sejenak, minimal 5 menit tiap jam juga akan menjaga kesehatan mata.



(Dirangkum dari berbagai sumber.)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama