-->

Belajar Emas Biru, Nelayan Papua mengikuti Pelatihan di Ambon



Ambon – Sebanyak 11 orang nelayan mewakili kelompok neyalan Papua Mandiri dari Jayapura melaksanakan pelatihan yang akan dimulai dari tanggal 26 April-2 Maei 2019 di salah satu perusahaan perikanan di Kota Ambon. Kegiatan ini difasilitasi oleh Tim Emas Biru.

Pelatihan yang akan dilatihkan antara lain mulai dari proses penangkapan dan penanganan ikan Tuna hingga sampai proses pemasarannya maupun terkait pengeloaan dan teknologi perikanan lainnya.

Kegiatan pelatihan ini didampingi oleh PNS Jefri Slamta, yang sehari-hari berdinas di Kodam XVI/Pattimura yang juga memiliki pengetahuan tentang program Emas Biru.

Setibanya di Kota Ambon, Kelompok nelayan asal Papua ini menyempatkan diri untuk mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Waiheru yang merupakan UPT dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan yang terfokus untuk pengembangan sektor Perikanan Budidaya baik penyediaan bibit ikan, rumput laut dan lain-lain.

Sebelumnya melalui Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas RI), Letjen TNI Doni Monardo menggagas program Papua Yang ASASI (adil, setara dan Sejahtera) dalam bingkai NKRI yang diimplementasi melalui program holistic di Papua dan melibatkan Pentahelix (Pemerintah, Akademisi, Pelaku Usaha, Komunitas Masyarakat dan Media), didalam program Holistik ini dilaksanakan berbagai program pemberdayaan baik yang berkaitan dengan pengelolaan Emas Biru maupun Emas Hijau.

Walaupun sudah tidak menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura lagi, namun semangat untuk mengembangkan program emas biru dan emas hijau terus digalakan Letjen TNI Doni Monardo yang juga adalah Ketua Dewan Pembina Program Emas Biru dan Emas Hijau yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.(Pendam16)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama