Focus Group Discussion, Kasdim 1607/Sumbawa Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati





tribunus.co.id,   Sumbawa - Pesta Domokrasi Pemilu 2019 tinggal menghitung hari, tepatnya tanggal 17 April mendatang, Indonesia akan menggelar hajatan besar secara serentak yakni Pemilihan anggoat legislitif baik DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten kota serta DPD, dan juga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Kaitan dengan hal itu, Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Inf Huairy, ST., dalam acara Focus Group Discussion dalam rangka mewujudkan Pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Sumbawa, Jumat (5/4) menegaskan TNI tetap pada komitmennya untuk Netral pada Pemilu 2019 dengan tidak memihak pada salah satu Parpol maupun pasangan calon (Paslon) peserta Pemilu dan Pilpres.

Dijelaskannya, berdasarkan amanat Undang-Undang dan Instruksi Panglima TNI bahwa dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu 2019, TNI dan jajarannya harus dan bahkan wajib bersikap netral sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung demokratis, langsung, umum dan rahasia serta jujur dan adil sesuai dengan asas Pemilu.

“Pemilu merupakan sarana untuk memilih wakil rakyat di lembaga Legislatif dan pemimpin negara yang berkualitas untuk menyuarakan inspirasi dan mampu memberikan kesejahteraan kepada rakyat sehingga rakyat harus menentukan pilihannya yang tepat pada tanggal 17 April mendatang,” terang pria kelahiran Bima tersebut.

Menurutnya, TNI khususnya di Kodim 1607/Sumbawa siap mengawal dan membantu Kepolisian mengamankan jalannya Pemilu yang aman, nyaman dan damai sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi terciptanya kondisifitas wilayah di Kabupaten Sumbawa.

Sedangkan, Kapolres Sumbawa AKBP Tunggul Sinatrio, S.IK. MH., dalam sambutannya meminta dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang, seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat memberikan pemahaman dan informasi yang baik kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing untuk menjaga agar situasi tetap aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc., yang diwakili Asisten II Setda Sumbawa Arrahimj, S.Sos., menyampaikan pemilihan umum kali ini merupakan pemilihan pertama yang dilaksanakan secara serentak mulai Pemilhan Legislatif baik DPR RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, dan DPD RI serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden membutuhkan kesatuan tekad dan niat seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara kebersamaan selama Pemilu sehingga Kabupaten Sumbawa tetap dalam keadaan aman, nyaman dan damai pasca pelaksanaan Pemilu.

Acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa tersebut dilaksanakan di Aula H. Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sumbawa Syamsi Hidayat, S.IP., para Perwira Kodim dan Polres Sumbawa dan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (Kodim 1607/Sumbawa)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.