-->

KRI Siwar-646 Tangkap Kapal Asing Buang Limbah Di Perairan Bintan



tribunus.co.id,  Riau  -   KRI Siwar-646 Unsur Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I berhasil menangkap kapal yang sedang membuang limbah di Perairan Barat Pulau Galang, Kepulauan Riau, Senin (8/4).

Kejadian berawal saat KRI Siwar-646 sedang melaksanakan patroli rutin di wilayah Perairan Indonesia mendapatkan kontak kapal yang sedang lego jangkar membuang limbah pada posisi 00° 44’ 0648’’ U - 104° 07’ 1763’’ T, tepatnya di Perairan Barat Pulau Galang Kepulauan Riau. Selanjutnya KRI Siwar-646 melaksanakan pemeriksaan terhadap dokumen, ABK, dan muatan kapl tersebut.

Dari hasil pemeriksaan diperoleh nama Kapal MV. Vox Maxima, Kebangsaan Belanda, Tonage 29.920 GT, Nahkoda Plukker Willibrordus Petrus (WN Belanda), Agen PT. Snepac Shipping, Jumlah ABK 15 orang (WN Belanda 6 orang, WN Ukraina 2 orang, WN Polandia 1 orang dan WN Phillipina 6 orang).

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kapal MV. Vox Maxima diduga melakukan kesalahan karena Kapal MV. Vox Maxima tertangkap tangan membuang limbah pada posisi lego di Perairan Barat Pulau Galang Kepri melanggar pasal 229 ayat 1 jo pasal 325 ayat 1 UU RI Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dengan ancaman pidana 2 tahun penjara dan denda sebanyak Rp. 300.000.000, serta melanggar pasal 134 UU RI Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran jo Permenhub Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencegahan Pencemaran Lingkungan Maritim.

Selain itu, berdasarkan PKKA (Persetujuan Keagenan Kapal Asing) yang dikeluarkan oleh Dirjen Hubla, kapal seharusnya melaksanakan lego jangkar di Perairan Kabil Batam dan bukan di Perairan Barat Pulau Galang, melanggar UU RI Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran pasal 213 jo Permenhub Nomor 93 Tahun 2013 tentang Pengusahaan Angkutan Laut.

Menurut laporan Nahkoda bahwa dokumen kapal berada di Agen Singapura, dan tidak berada di Syahbandar Batam. Hal ini diperkuat dari hasil koordinasi dengan KSOP Batam (Kasi Patroli) Syarianaldy bahwa seharusnya dokumen berada di KSOP Batam tidak di Agen Singapura.

Berdasarkan dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Siwar-646 Letkol Laut (P) Marvill M.F.E. Djoen, S.E., M.Tr.Hanla memerintahkan agar Kapal MV. Vox Maxima di Adhoc menuju Perairan Kabil Batam untuk lego jangkar dan Berkas Awal Pemeriksaan (BAP) akan diserahkan kepada Lantamal IV Tanjungpinang untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Keberhasilan KRI Siwar-646 dalam menangkap kapal asing yang melakukan pembuangan limbah secara ilegal di Perairan Bintan Kepri tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dan Koarmada I dalam menindak tegas segala bentuk aktifitas ilegal di laut. "Komitmen Koarmada I akan senantiasa menindak secara tegas segala bentuk aktifitas ilegal di laut dalam rangka Penegakkan hukum dan kedaulatan NKRI dilaut" ujar Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.  (Dispenal)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama