Warga desa Mangguan Mendukung Lomba KRPL Kawasan Rumah Pangan Lestari




PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID - Dalam rangka mengembangkan dan kreatifitas warga, Kepala Desa Mangguan Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan mengikut sertakan desa nya dalam lomba KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang di adakan oleh Pemkab Pasuruan.


Dengan mengikuti kegiatan KRPL tersebut bertujuan supaya warganya lebih berantusias untuk meningkatkan SDM nya melalui PKK, dan di samping itu pula bertujuan agar masyarakatnya lebih memanfaatkan lahan yang kosong di sekitaran rumahnya.


Dalam lomba KRPL ini ada beberapa yang di nilai oleh panitia , di antaranya

1 - Kesinambungan
Kesinambungan yang dimaksud tentang ketahanan pangan bersifat individu dan hasil dari bercocok tanam

2. Pemanfaatan kompos sebagai pupuk dan tidak boleh menggunakan pupuk buatan, ini demi pemanfaatan limbah ternak dan limbah rumah tangga.

3. Administrasi di karenakan dalam lomba ini melibatlan PKK dan

4. Hasil olahan pangan KRPL.


Dari penilaian yang akan di ambil oleh tim penilai jelas terlihat ingin memandirikan warga dalam ketahanan pangan.


Tim penilai KRPL yang turun di lokasi pada hari senin 01/04/2019  pukul 12.00 WIB terdiri dari Dinas Perternakan dan Ketahanan Pangan, Pokja III PKK Kabupaten Pasuruan, dan Dinas pertanian.


Ririn Khuswati selaku ketua tim penilai saat di  mintai keterangan mengatakan, "dengan adanya kegiatan KRPL ini bisa memotivasi masyarakat untuk lebih memanfaatkan lahan kosong di sekitaran rumah untuk bercocok tanam dan bisa memajukan UMKM di wilayahnya dengan produk hasil olahan sendiri."tuturnya kepada tribunus.co.id.


"Ada yang sangat inovatif di Desa Mangguan ini di karenakan dengan adanya Tape Pisang, ini sangat unik di karenakan biasanya tape terbuat dari singkong namun di sini terbuat dari pisang, inovasi ini harus terus di kembangkan." Pungkasnya.


Dalam acara penilaian lomba KRPL di hadiri juga perwakilan dari kecamatan Paserpan, dan juga di dampingi oleh Pak Nasor selaku (Kades) Kepala desa Mangguan.


Saat beraudiensi dengan Pak Nasor beliau menyampaikan, "mungkin dengan sering di ikutkan lomba yang di adakan Pemkab Pasuruan bisa menambah spirit bagi warganya dan agar lebih memotifasi warga dalam bidang pertanian."


"Untuk itu Pak kades nasor akan terus mendukung  warganya agar bisa lebih memajukan desanya dari segi pertanian maupun pertenakan yang akan meningkatkan SDM dan perekonomian warga." Pungkasnya.   (gale)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.