-->

BUWAS, Pasar Pangan Negeri Dikuasai Kartel 94% Pemerintah Hanya 6% Saja

JAKARTA,TRIBUNUS.CO.ID - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan saat ini pasar pangan di Indonesia hampir 100% dikuasai oleh kegiatan kartel atau monopoli. Hal itu tentu merugikan masyarakat.

Menurut Buwas, produk-produk pangan Bulog saat ini hanya menguasai pasar sebesar 6%. Sedangkan sisanya 94% dikuasai oleh kartel.

"Karena 94% pasar bebas di masalah pangan dikuasai kartel-kartel, Bulog negara hanya menguasai 6%," ungkap dia dalam Blak-blakan pada awak media di Gedung Bulog, Jakarta, Selasa (21/5/2019) Kemarin.

Maka dari itu, ia berencana untuk melakukan sinergi pengelolaan antar kementerian dan lembaga guna mengurangi praktik kartel di pasaran. Ia mencontohkan program Aparatur Sipil Negara yang mesti membeli beras milik Bulog.

"Tentunya harus pemerintah semua yang mengelola sehingga nggak timbul kartel-kartel baru. Kalau nggak dikasih supply beras semua ke Bulog, maka yang pertama Bulog bakal stuck," jelasnya.

Selain itu, Buwas juga memprediksi tanpa adanya sinergi, perdagangan di pasar akan menjadi luar dan bebas. Sehingga akhir-akhirnya masyarakat yang bisa dirugikan.

"Kedua, terjadi pasar bebas di lapangan dan kualitas tidak terjamin dan akhirnya bebas dan kualitas murah dan ada permintaan orang dong manfaatkan ajang bisnis dan itu sudah terbukti," ungkapnya.

Buwas juga mengungkapkan saat ini pihaknya juga telah menangkap beberapa pengusaha yang melakukan kartel. Sebab, baginya kepentingan petani dan masyarakat merupakan nomor satu.

Hanya saja, kegiatan ini untuk sementara ditunda karena situasi politik yang tengah hangat.

"Sudah (kartel ditangkap). Tetapi karena situasi nggak bisa, (situasi politik) sekarang ini kita slow dulu", kalau sampaikan masyarakat sampaikan secara terbuka ngerjain petani dan masyarakat pasti akan dibunuh. Masyarakat kalau buka saja, kartel-kartel ini hukum kita lemah dibuka saja namanya, ini kan masalah perut," tutup dia.

Sementara itu, Buwas mengungkapkan kegiatan kartel dapat menaikkan harga pangan sehingga mendorong laju inflasi. Sehingga ia berharap agar kegiatan kartel dapat berkurang.

Pewarta : zlf/rn

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama