Kediri ! Gali Saptitang ,Warga Digemparkan Dengan Temuan Arca Ghanesa Kuno Mirip Simbol Kabesaran Kediri


Lokasi temuan arca Ghanesa di Dusun Kewagean Rt 21 Rw 06 Desa Kreceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Sebuah temuan Arca Kuno menyerupai Ghanesa kembali gegerkan warga Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Ya, Lokasi tepatnya temuan arca Ghanesa kuno tersebut ditemukan di daerah Dusun Kewagean Rt 21 Rw 06 Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jawa Timur . Pada Sabtu sore (15/6/2019).


Tentu saja ,dengan adanya temuan arca kuno berbentuk Ghanesa (Gajah) mirip simbol kebesaran Kabupaten Kediri yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut sontak mengundang rasa penasaran ratusan warga setempat dan sekitar  serta para pengunjung dari berbagai wilayah yang berbondong bondong ingin melihat langsung temuan tersebut pada pukul.16:00 wib hingga malam hari.

Arca kuno Ghanesa tersebut ditemukan salah satu warga setempat bernama Prianto (48) yang sedang mengerjakan borongan saptitang milik warga Damarwulan Kecamatan Kepung yang kebetulan sedang menggarap rumah di wilayah Dusun Kewagean.

Rerumunan warga mendatangi lokasi temuan arca ghanesa

Ia mengatakan tidak ada rasa firasat sebelumnya saat menggali saptitang tersebut" Uja Prianto kepada tribunus.co.id dilokasi temuan arca.


Namun sekira pukul 16:00 wib ,dirinya kaget dengan menggali saptitang mencapai kedalaman 2 meter tiba tiba ia menemukan struktur batu bata kuno berukuran besar , Selanjutnya batu bata tersebut terus digali dan tiba tiba Ia menemukan batu berelief menyerupai arca Ghanesa" jelas Prianto.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak perangkat Dusun Kewagean dan Kepala Desa Kerenceng agar segera dilakukan pemeriksaan dan diamankan"imbuhnya.


Tidak berselang lama kemudian Kepala Desa bersama anggota Kepolisian Polsek Kepung dan Koramil Kepung mendatangi lokasi temuan arca.

Meski demikian ,pihak berwenang BPCB dan Dinas terkait yang berkaitan dengan ke purbakalaan diminta segera mendatangi lokasi penemuan dan melakukan penelitian " Tutur Kepala Desa Krenceng didampingi komunitas Damar Panuluh Nusantara.

Hingga berita ini ditayangkan , lokasi temuan Arca Ghanesa malam ini masih dipadati warga dengan dikasih penerangan lampu.(har)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.