Kunker Komisi B DPRD Jateng Ke Kelompok Tani Hutan Sukobubuk Rejo




Pati, Jateng, Tribunus
Co.id - Bertempat di Kantor Kelompok Tani Hutan (KTH) Sukobubuk Rejo  Desa  Sukobubuk Rt. 01 Rw. 01 Kec. Margorejo Kab. Pati, telah dilaksanakan giat  Kunjungan Kerja  oleh rombongan anggota DPRD Prov. Jateng dalam rangka Mencari Data dan Masukan Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan Terkait Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS). Jumat,  14/06/2019

Acara yangdihadiri oleh  Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng  Drs. RM Yudi Sancoyo, M.M beserta Rombongan,  Kepala Dinas Pertanian Kab. Pati Drs. Mohtar Efendi, M.M,  Camat Margorejo Drs. Sudarto,  Kapolsek Margorejo AKP Purwantio,  Danramil 12 Margorejo Kapten Arh.  Sumariyono,  Kades Sukobubuk Bp. Saman, SH ( sekaligus Ketua Kelompok Tani Hutan/ KTH Sukobubuk Rejo ),  Anggota KTH Sukobubuk Rejo lebih kurang  50 orang

Dalam kesempatan tersebut Bapak Saman selaku Kades memaparkan bahwa warga desa Sukobubuk telah memiliki kelompok tani yang bernama Kelompok Tani Hutan (KTH) Sukobubuk Rejo yang kebetulan Bapak Saman sendiri selaku ketua kelompok. Daerah Sukobubuk adalah daerah yang terletak di lereng pegunungan serta daerahnya kebanyakan hutan serta  kebanyakan warga bermata pencaharian petani dengan mengolah lahan hutan milik Perhutani. Adapun  hasil pertanian adalah Ketela dan jagung yang menjadi tanaman mayoritas warga Desa Sukobubuk.

Adapun  Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng Drs. RM YUDI SANCOYO, M.M yang sekaligus wakil Ketua Rombongan yang intinya menyampaikan bahwa  komisi B DPRD Provinsi Jateng melaksanakan kunjungam kerja dalam rangka Mencari Data dan Masukan Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan Terkait Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS).
“ Kami kemariingin mencari data dan masukan tentang perlindungan dan pemberdayaan masyarakat desa hutan tentang perijinan terkait, sehingga kami harus turun langsung kelapangan untuk mendapatkan data yang valid untuk kami laporkan ke komisi,” Ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kab. Pati Drs. Mohtar Efendi, M.M  menerangkan Dalam kegiatan ini Dinas Pertanian Kab. Pati bersama dengan KTH Sukobubuk Rejo melakukan diskusi membahas langkah langkah menuju kemajuan pertanian di lahan hutan yang notabenya hasil pertaniannya sangat merakyat dan mudah di kenal sebagai simbul lokal orang jawa yaitu Ketela dan Jagung.
“ Selama ini kami selalu berdiskusi antara pihak Dinas terkait dengan kelompok tani agar hasil tanam semakin meningkat untuk kesejahteraan anggota kelompok tani maupun masyarakat sekitarnya.

Danramil 12/Margorejo Kapten Arh Sumariyono yang ditemui media juga menjelaskan tentang pendampingan dari Koramil sesuai dengan arahan dari komando atas.
“ Kami selalu berkordinasi dengan dinas terutama PPL dan kelompok tani sehingga program yang diperintahkan dari komando atas tentang Pajale tetap berjalan,” Ungkapnya. (12/sol)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.