-->

Pangdam XII/Tpr dan Forkopimda Kalbar Buka Festival Meriam Karbit 2019



Pontianak, tribunus.co.id -  Selasa (4/5/19) - Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab bersama Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat membuka Festival Meriam Karbit 2019 yang digelar di tepian Sungai Kapuas, Gang H. Mailamah, Jalan Adi Sucipto, Kota Pontianak. Adapun tema festival kali ini,"Dengan Festival Meriam Karbit Kita Pererat Silaturahmi dan Lestarikan Budaya". Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Kalbar, H. Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Danlantamal XII/Pontianak, Laksma TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han), Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M., Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Nuhujanan, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir.

Turut mendampingi dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Kalbar, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura, Ketua Bhayangkari Polda Kalbar, Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII Pontianak, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio.

Pembukaan Festival Meriam Karbit 2019 di buka oleh Gubernur Kalbar yang diawali dengan pernyataan resmi selanjutnya ditandai dengan pemukulan tar atau rebana oleh seluruh Forkopimda Kalimantan Barat dan Wali Kota Pontianak. Yang dilanjutakan dengan penyulutan meriam.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos menyampaikan, Festival Meriam Karbit ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Pontianak saat malam takbiran. Pada Festival tahun ini dimeriahkan oleh sebanyak 34 kelompok peserta dan terdapat sebanyak 212 batang meriam yang terbuat dari batang kayu. Dengan ukuran panjang rata-rata antara 5 hingga 7 meter dan berdiameter 60 - 70 centimeter. "Meriam Karbit ini merupakan bagian dari sejarah berdirinya Kota Pontianak dan telah menjadi salah satu kasanah budaya, dengan kegiatan festival ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikannya," ujar Kapendam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama