Tidak Hanya Pertanian, Babinsa Koramil 15/Karangpucung Juga Dampingi Usaha Peternakan




Cilacap, Jateng,  www.tribunus.co.id  - Berbagai upaya dilakukan Babinsa Koramil 15/Karangpucung dalam melaksanakan pembinaan kondisi sosial masyarakat agar tetap stabil. Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 15/Karangpucung Pelda Cipto dan Koptu Ade Abdullah adalah melaksanakan pendampingan Bimbingan Teknis Fasilitas Kemitraan Kewirausahaan Sosial Peternakan di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung, Jum'at (28/6).

Hal ini menunjukan bahwa Babinsa tidak hanya melaksanakan pendampingan pertanian dalam program upsus swasembada pangan, namun juga melaksanakan pembinaan peternakan sebagai usaha tambahan masyarakat disamping kegiatan bertani.

Saat dikonfirmasi dilokasi, Pelda Cipto mengungkapkan, warga masyarakat Desa Tayem Timur telah berpengalaman berternak kambing. Dengan pengalaman warga dalam budidaya kambing ini, Babinsa bersama PPL Kecamatan Karangpucung dan Pemerintah Desa Tayem Timur berupaya meningkatkan pendapatan para petani dengan beternak kambing jenis Sanen yang lebih bernilai ekonomi.

" Selain bertani, sebagian besar warga masyarakat Desa Tayem Timur beternak kambing, mereka telah berpengalaman dalam hal ini dan rata-rata yang diternak adalah kambing jenis Sanen. Dari usaha tambahan ini diharapkan pendapatan para petani di daerah itu akan bertambah dan tentunya hal ini perlu mendapatkan bimbingan dan dukungan dari pemerintah setempat," kata Pelda Cipto.

Selaku Babinsa, dirinya juga secara intensif melaksanakan pendampingan usaha peternakan kambing jenis Sanen dan salah satunya milik Kelompok Tani "Sengkala Hijo" Desa Tayem Timur. Menurutnya, pemeliharaan kambing jenis Sanen tidak terlalu sulit, lebih mudah dalam pemasaran serta memiliki harga jual yang lebih tinggi.

"Dengan upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi warga di desa binaan kami ini," tandasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah Drh. Juwanto, Kabit Peternakan Kabupaten Cilacap Ir. Bambang Setiawan, Koordinator PPL Kecamatan Karangpucung, Wasiran, SP., serta anggota Kelompok Tani "Sengkala Hijo".

(Urip)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.