Disdikpora Kota Probolinggo Gelar Gebyar PAUD Peringati HAN Tahun 2019




Probolinggo, www.Tribunus.co.id
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo Jawa Timur menggelar kegiatan Gebyar PAUD  dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

Kegiatan digelar di alun-alun Kota setempat dihadiri oleh Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Asisten, Staf ahli, Kepala OPD dilingkup Pemkot Probolinggo, Kepala Kementerian Agama Kota Probolinggo, Wakil Ketua Tim
Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Dewan pendidikn Anak Usia Dini se Kota Probolinggo, serta Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak yang berjumlah 3.114 anak, Selasa (23/7) pagi.

Slamet Hariyadi M.Pd, Kabid PAUD Dikmasif Disdikpora Kota Probolinggo dalam kegiatan tersebut mengatakan, gebyar PAUD tahun 2019 ini merupakan ajang
kreatifitas dan apresiasi yang dimiliki oleh para pendidik anak usia dini.

Pendidikan merupakan indicator terpenting dalam menentukan kualitas suatu bangsa yang dapat dilihat, semakin tinggi kualitas pendidikan suatu bangsa, maka semakin tinggi pula tingkat keberagamannya, ujarnya.

Dia katakan, mendidik anak usia dini membutuhkan cara khusus. Untuk itu diperlukan teknis sesuai dengan usia dan kodratnya. "Maka melalui senam bersama ini diharapkan anak usia dini menjadi sehat, kuat dan memlilki kualitas karakter yang baik," terangnya.

Slamet juga mengatakan, bahwa ajang ini merupakan momen menjalin silaturahin bagi pendidik dan peserta didik pendidikan anak usia dini Kota Probolinggo .

Sementara Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan, gebyar anak usia dini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional terasa lain. Kegiatan ini
memiliki makna baik bagi anak usia dini, sejalan dengan program Pemkot Probolinggo dalam
rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dari semua jenjang pendidikan yang ada
di Kota Probolinggo. "Dengan demikian amanah UUD 1945 dalam upaya mencerdaskan kehidupan
bangsa dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Walikota menjelaskan, bahwa usia emas yang dimiliki anak usia dini tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena anak-anak adalah calon generasi penerus bangsa, yang harus kita persiapkan. Banyak cara yang harus dilalui dalam rangka memperbaiki, moral, mental dan spiritual jasmani dan rohani.

"Saya berharap asupan pendidikan anak usia dini bukan hanya
diperoleh disekolah saja. Nmamu kami juga meminta peran orang tua juga memberi pendidikan
dirumah," kata Walikota yang dalam kegiatan tersebut juga menyerahkan piala dan piagam Pekan Seni Pelajar Tingat Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Dan Kota Probolinggo menduduki peringkat
ke 2 se Jawa Timur.

Gebyar PAUD memperingati Hari Anak Nasional ini juga dimeriahkan dengan giat senam bersama yang
dilakukan oleh PAUD se Kota Probolinggo.

Ditempat yang sama, Kepala Disdikpora Kota Probolinggo, Drs HM Maskur M.Pd kepada media ini menambahkan, sudah waktunya pemberian asupan pendidikan dimulai sejak usia dini. Usia pra sekolah merupakan momen yang sangat penting untuk memberikan asupan pengetahuan. Pada peringatan Hari Anak Usia Dini, sengaja mengajak unsur pendidikan usia dini untuk bersama dalam satu momen, tambahnya. (Singgih)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.