Fenomena Pisang Tumbuh Di Tengah Batang Pohon,Ini Penjelasan Ilmiahnya



KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Munculnya penampakan tangkai buah pisang ditengah batang pohon pisang di Kelurahan Ngrongo, Kecamatan Kota, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Hal itu merujuk pada konfirmasi Babinsa Koramil Kota, Serka Samsuri saat meminta penjelasan secara ilmiah dari pihak yang berkompeten di sektor pertanian. senin (29/7/2019)

Sebagaimana diketahui, pohon pisang itu tumbuh diatas lahan milik Mulyono (58 tahun), ternyata ada yang aneh, yaitu tangkai buah pisang muncul ditengah, bukan diatas. Hal ini diketahui si pemilik, pada hari minggu kemarin, dan diperkirakan tangkai itu muncul pada sabtu malam hari.

Kasi Hortikultura Dinas Pertanian Kediri, Syamsul Hidayah menjelaskan, tanaman pisang yang tandan buahnya muncul dibatang pohon atau samping, hal itu terjadi karena proses pertumbuhan atau perkembangan, pohon pisang tersebut memasuki “fase generatif”.

Bunga pisang atau dalam bahasa lain disebut “ontong”, umumnya muncul diatas pohon, tetapi karena kondisi batangnya atau dalam bahasa lain disebut “debog” ada yang terluka. Akibat luka itu, tandan pisang bisa muncul menyelinap dari sela-sela debog yang terluka tersebut.

Menurut Syamsul, debog pisang itu sebenarnya bukan batang pisang, melainkan pelepah daun pisang, sehingga bunga pisang bisa muncul dari batang pisang atau dalam bahasa lain disebut “bonggol”.

Lewat saluran telepon, Tri Retnani Yeni dari Dinas Pertanian Kediri menjelaskan, segala fenomena terkait tumbuh berkembangnya suatu tanaman yang tidak umum, sebenarnya bisa ditelusuri sisi ilmiahnya.

“Suatu tanaman dikatakan tidak normal dibanding kondisi normal tanaman lainnya, pada dasarnya semua bisa kita telusuri secara ilmiah. Proses pertumbuhan suatu tanaman, tidaklah sama satu sama lain, tetapi ketika sudah berkembang gambarannya sama. Jika saat berkembang ada yang tidak sama, hal itu dikarenakan saat pertumbuhan awal ada sesuatu yang mengganggu, contohnya tanaman pisang yang muncul ditengah debog,” jelasnya.

Kasus munculnya tanaman pisang ditengah debog, diakui Tri, memang langka, dan jarang terjadi. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi pertumbuhan tanaman itu sendiri, yaitu normal tidaknya saat pertumbuhan.

“Kalau normal saat pertumbuhan, sudah pasti gambarannya akan sama dengan yang lainnya. Tetapi bila ada yang tidak normal saat pertumbuhan, saat berkembang kemungkinan ada perbedaan,” pungkasnya. (har/dodik)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.