Kapolri dan Panglima TNI Tinjau 22 Pulau Terdepan di Kepulauan Riau



Kepri, www.tribunus.co.id  Kepulauan Riau - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D, mengunjungi Kepuluan Riau serta melakukan pemantauan 22 Pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia menggunakan Helly Super Puma dan Helly EC 725 Caracal, berlanjut dengan mengunjungi Pulau Nipa, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (27/7/2019).

Dalam arahanya di Pulau Nipa, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, memberikan arahan kepada Prajurit TNI-Polri bahwa dalam pelaksanaan tugas di pulau terdepan, bahwa rencana kunjungan ke Pulau Nipa sudah direncanakan sebelumnya untuk melihat langsung fasilitas apa saja yang harus ditingkatkan di Pulau Nipa tersebut. hal itu disebabkan Pulau Nipa adalah Pulau yang langsung berhadapan dengan Kawasan Internasional dan memerlukan alat deteksi yang baik.

"Sehingga dapat memantau aktifitas atau niat yang kurang baik seperti penyelundupan Narkoba, Miras dan sebagainya dapat dipantau dan ditindak selanjutnya diserahkan kepada Pihak Kepolisian. Untuk Penambahan personil masih dikaji, Tetapi yang paling utama adalah peralatan radar termasuk kamera pantau dan peralatan-peralatan untuk mengidentifikasi," papar Panglima TNI.

Masih ditempat yang sama, Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, menyampaikan, kehadiran TNI-POLRI di Pulau Nipa adalah untuk menjaga keutuhan NKRI, karena teritorial wilayah NKRI adalah kewajiban bersama, dalam tugas pokoknya TNI adalah Garda terdepan menjaga keutuhan wilayah NKRI namun tidak berarti unsur-unsur lain harus diam, Polri berusaha mendukung dengan berbagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Terkait dengan masalah Transnasional Crime, wilayah kita berbatasan dengan Singapura dan Malaysia maka kejahatan lintas batas bisa saja terjadi seperti penyelundupan Narkoba, Human Trafficking dan penyelundupan barang-barang lainnya yang berhubungan dengan masalah Bea dan Cukai. Pulau Nipa ini menjadi sangat penting karena jarak lokasinya yang berdekatan dengan Negara tetangga," papar Kapolri. (Daluki)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.