Kasdim 0402/OKI Hadiri Panen Raya Padi IP200 Di Desa Cahya Maju Lempuing OKI





OKI, Sumsel,  www.tribunus.co.id -  Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Riyandi diwakili oleh Kasdim Mayor Chk Ernanda, bersama Forkopimda OKI lainnya menghadiri pelaksanaan kegiatan panen raya Padi jenis IP.200 dan sekaligus meninjau penangkaran benih harapan makmur bertempat di Desa Cahya Maju Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang juga dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (30/7) tersebut, Gubernur Sumsel H. Herman Deru meyakini bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi Sumsel akan dapat mengembalikan kerjayaannya sebagai Lubung Pangan Nasional. "Panen raya yang kita lakukan hari ini, salah satu bukti petani Sumsel serius dalam memajukan sektor pertanian. Dan upaya ini akan mempercepat Sumsel menjadi Lumbung Pangan Nasional. Sebagaimana dulu sudah pernah ada", tegas Gubernur.

Antusiasme Gubernur dalam memotori kembalinya kejayaan Sumsel sebagai Lumbung Pangan terlihat saat menuju lokasi panen raya dan lokasi penangkaran benih petani. Herman Deru rela menyusui pematang sawah dengan mengendarai sepeda motor trail bersama dengan Wakil Bupati OKI Djakfar Sodiq beserta Forkompimda Kabupaten OKI. "Saya ingin sektor pertanian ini dapat membawa kesejahteraan bagi petani. Saya tidak mau masyarakat Sumsel miskin. Oleh karena itu kita butuh kerjasama. Pemerintah siap bantu jika petani serius dalam menggarap sektor pertanian ini", kata Gubernur.

Menurutnya, bicara soal pertanian juga harus bicara terkait dengan infrastruktur jalan dan irigasi pengairan. Seperti yang ada di kawasan Lempuing saluran-saluran cacing ini adalah karya besar Kementerian PU melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII yang didukung penuh oleh masyarakat dalam hal pembebasan lahannya sehingga air Irigasi Komering bisa mengalir hingga ke Kecamatan Lempuing OKI. "Hari ini kita panen IP 200 berikut peresmian penangkaran benih. Dengan adanya penangkaran benih ini petani tidak lagi dibelunggu harus memakai merk tertentu. Sekarang petani bisa menangkar sendiri dengan bimbingan petugas," imbuhnya.

Sementara itu, Wagub Kabupaten OKI H. Jafar Sodiq menyampaikan, Pemkab OKI berkomitmen dalam memajukan sektor pertanian dengan memperhatikan segala bentuk kebutuhan dan keluhan petani. Terutama yang terkait dengan masalah benih, pupuk dan penanganan pasca panen lainnya. "Pemkab OKI sejauh ini sudah membina penangkar benih yang saat ini jumlahnya sudah ada 13. Dengan luas sekitar 676,25 hektar yang mampu menghasilkan benih unggul bersertifikat sebanyak 6.405 ton", paparanya.


Penrem Gapo

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.