Pemkot Probolinggo Sosialisasi Pemutarakhiran Data Profil Kelurahan Tahun 2019




"Sebagai acuan untuk mendapatkan bantuan anggaran dari Pusat atau Pemerintah Daerah"


Probolinggo, Tribunus.co.id
Pemkot Probolinggo melalui Bagian Pemerintahan menggelar Sosialisasi Pemutarakhiran Data Profil Kelurahan Tahun 2019. Kegiatan digelar di gedung Sabha Bina Praja Kantor Walikota Probolinggo selama 3 hari, mulai Rabu (24 - 26/7).

Kegiatan di buka oleh Kepala Bagian Pemerintahan, Dra Ina Lusinawati, SH melalui Bagus Prasetyo, Kassubag Pemerintahan Kecamatan ini di ikuti oleh seluruh Instansi Pemerintahan, Operator Kodeskel di masing-masing Kelurahan yang berjumlah 58 orang.

Bagus Prasetyo menjelaskan, pemutarakhiran data profil Kelurahan ini merupakan satu langkah Pemerintah Daerah untuk melakukan pendataan profil wilayah. Utamanya pedesaan atau Kelurahan. Hal ini menjadi salah satu tolok ukur paling berpengaruh ketika pusat atau pemda akan meluncurkan atau mencairkan secara proporsional apa yang disebut Dana Desa.

Di wilayah Kota Probolinggo yang kesemuanya Kelurahan, menjadi salah satu dari wilayah Kota dan Kabupaten di Jawa Timur yang diajak bersama berdiskusi tentang rancangan pelimpahan kewenangan.

"Profil desa dan kelurahan ini akan betul betul efektif  ketika kita merangkul kelurahan. Satu info penting yang kami sampaikan bahwa kedepan ekologi Kelurahan yaitu swadaya akan menjadi salah satu indikator paling berpengaruh ketika pusat akan membagi proporsi anggaran kelurahan,” terang Bagus.

Lebih lanjut Bagus mengatakan, patut disyukuri apabila Kota Probolinggo termasuk Kota yang dinilai pelayanannya baik. “Jadi angka 352 per Kelurahan yang ada di Kota Probolinggo merupakan angka terkecil yang diberikan kepada Kelurahan," katanya.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi pemutarakhiran data profil Kelurahan di Kota Probolinggo ini diberikan oleh narasumber. Termasuk teknis menyangkut penggunaan anggaran yang diperoleh dari Pusat ataupun Pemerintah Daerah.

Sementara Dra. Ina Lusinawati selaku Kabag Pemerintahan Pemkot Probolinggo saat dikonfirmasi via ponselnya mengatakan, adalah hal yang sangat penting dalam mendata profil Kelurahan yang ada di Kota ini.

Mengingat apa yang menjadi acuan dalam mendapatkan berbagai bantuan dari Pemerintah Pusat lebih disebabbkan dari bagaimana Kelurahan dapat merancang profil dengan baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan dapat memberi manfaat bagi Pemerintahan, utamanya Kelurahan yang ada di Kota Probolinggo," tandasnya. (Singgih).

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.