Kapolda Jatim Pimpin Sertijab Empat Perwira Tinggi Gantikan Kedudukan Pejabat Lama




SURABAYA,TRIBUNUS.CO.ID - Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) atau rotasi pemindahan penempatan tugas empat perwira tinggi Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, terdiri dari Dirpolairud, Kabidkum, Dirreskrimum, dan Dirlantas serta Kapolres Malang Kota berlangsung di Gedung Patuh lantai II Mapolda Jatim, Jalan A. Yani Surabaya, Rabu (28/8/2019).

Upacara sertijab dimulai sekitar pukul 07.00 pagi tadi, dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Beberapa PJU, beberapa Kapolres jajaran Polda Jatim dan Ibu-ibu Bhayangkari juga terlihat mengikuti upacara.


Kapolda menjelaskan, terselenggaranya upacara sertijab sendiri berdasarkan surat telegram rahasia Nomor ST/2023/VIII/Kep/2019, tertanggal 02 Agustus 2019. Dan rotasi jabatan di lingkup Polri merupakan hal yang biasa sekaligus sebagai bentuk penyegaran dalam organisasi.

"Memang ada yang memasuki masa purna tugas, seperti Dirpolair. Sedangkan yang lainnya adalah promosi," ujar Kapolda Jatim dalam sambutannya, (28/8/2019).

Menurutnya, pergantian masuk dan keluar ini juga diperuntukkan untuk beberapa jabatan kosong di Polda Jatim, salah satunya adalah Dirtahti.


"Kesemua yang mutasi ini mendapat promosi yang lebih baik. Yang ke Mabes ini juga mendapat tempat yang lebih baik, ada juga yang persiapan untuk sekolah," imbuhnya.

Berikut daftar nama perwira tinggi dan jabatan yang mengalami rotasi, ialah.

1. Dirpolairud Polda Jatim, sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, SH., M.Hum., resmi diganti oleh Kombes Pol Arnapi, SH., S.I.K., M.Hum.,

2. Kabidkum Polda Jatim, kini dijabat oleh pejabat baru, yakni Kombes Pol Adi Karya Tobing menggantikan Kombes Pol Arnapi, SH., S.I.K., M.Hum.,

3. Dirreskrimum Polda Jatim, yang awalnya dipimpin oleh Kombes Pol Gupuh Setyono, S.I.K yang kini menjabat sebagai Kabagbinetika Rowabprof Divpropam Polri. Kedudukan Gupuh diganti oleh Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, S.I.K., SH., M.Hum., yang sebelumnya bertugas sebagai Dirreskrimsus Polda Riau.

4. Dirlantas Polda Jatim, dikomandoi oleh Kombes Pol Budi Indra Dermawan yang sebelumnya sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang PJR Korlantas Polri resmi menggantikan posisi Kombes Pol Heri Wahono, S.I.K., yang kini dimutasi sebagai Kalemkonprofpol Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.

5. Kapolres Malang Kota, diserah terimakan dari AKBP Asfuri, S.I.K., kepada AKBP Dony Alexander, S.I.K., MH., yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskoba Polda Metro Jaya. (fafa/arif)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.