Peltu Henri Tanamankan Rasa Cinta Tanah Air Kepada Peserta PKBN



Barabai.    www.tribunus.co.id -  Peltu Henri Murpianto memberikan wawasan kebangsaan kepada peserta PKBN (Pendidikan Karakter Bela negara) SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019 tentang Rasa Cinta Tanah Air, pada Selasa (6/8).

Disampaikan oleh Peltu Henri bahwa dalam kehidupan, setiap manusia memiliki rasa cinta terhadap siapapun dan apapun. Baik cinta terhadap sesama, makhluk hidup lain, maupun pada negara. Negara merupakan suatu kesatuan dimana sekelompok manusia yang menyebut diri mereka masyarakat menempati suatu daerah tertentu dan dipimpin oleh suatu pemerintahan dalam mewujudkan tujuan yang sama.

Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.

Perilaku cinta tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, diantaranya memelihara persatuan dan kesatuan dan menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan yang di miliki untuk membangun Negara.
Sebagai seorang pelajar, kalian harus  tetap dapat menunjukkan sikap cinta tanah air yaitu diantaranya; Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain,  Menjaga kelestarian lingkungan, Tidak memilih-memilih teman, Berbakti pada nusa dan bangsa dan yang terpenting adalah Berbakti pada orang tua (Ibu, Bapak, Guru),”tegas Henri.(pendim1002).

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.