Rombongan Para Wareh Mpu Tantular Dari Bali Berkunjung Ke Kantor Damar Panuluh Nusantara






KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Damar Panuluh Nusantara kembali dapat kunjungan dari rombongan Bali pada hari Rabu 21 Agustus 2019.

Kunjungan tersebut merupakan ke tiga kalinya dalam rangka memberingan semangat akan karyanya yang berhasil menarik wisatawan Bali ke beberapa wisata sejarah yang ada di Kabupaten Kediri Jawa Timur melalui penulisan dan promosi.

Salah satu pimpinan rombongan itu bernama Ida Bagus Suamba yang mengaku masih ada keturunan dari Mpu Tantular juga dikenal penyalin kitab lontar pada sore itu langsung memberikan apresiasi semangat kepada tim Damar Panuluh Nusantara akan karyanya yang berhasil mengungkap dan melestarikan peninggalan leluhurnya yang ada di Kabupaten Kediri.

Ia berpesan kepada tim tetap semangat dalam menjalankan misi penyelamatan dan pelestarian terhadap warisan leluhur yang ada di Kediri "ujar Tuk Aji panggilan akrabnya.


Sebelumnya rombongan dari Bali itu tiba di Kediri dan langsung menuju ke Hotel Bukin Daun Kecamatan Semen Kabupaten Kediri pada hari senin sore 19 Agustus 2019.

Lalu dilanjutkan berkunjung ke Kantor Damar Panuluh Nusantara yang berada di Kecamatan Badas pada tanggal 20 Agustus 2019.

Selanjutnya rombongan didampingi tim Damar Panuluh Nusantara mengunjungi beberapa situs  peninggalan leluhur di Kediri diantaranya ke Petilasan Sri Aji Joyoboyo yang berada di Desa Menang Kecamatan Pagu, lalu melanjutkan berkunjung ke Pura Kepakisan Kecamatan Kunjang , Ke Pura Dalem Calonarang Desa Banaran Kecamatan Kandangan dan ke Museum Kampoeng Sentanan Desa Tunglur Kecamatan Badas .


Dilanjutkan pada esok harinya ke Lembah Tulis Jejak Petilasan Mpu Baradah yang berada di puncak Watu Tulis Kecamatan Mojo dilanjutkan ke Prasasti Lucem Pohsarang Desa Semen dan terakhir ke Situs Calonarang Desa Sukorejo Kecamatan Gurah.


Ia Tuk Aji ,Ida Bagus Suamba mengungkapkan terima kasih kepada tim damar panuluh nusantara yang telah mendampingi kami untuk mengajak ke beberapa wisata sejarah yang ada di Kabupaten Kediri ,kami bangga terhadapnya ,selain misi sosial bakti terhadap leluhur dengan cara pengungkapan ,penelusuran dan penyelamatan jejak jejak peninggalan leluhur juga bisa mengenalkan kepada anak cucu maupun generasi saat ini termasuk kami dan rombongan dari Bali.
Semoga niat dan dalam pelestarian juga pengungkapan ini akan dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa" ungkapnya.

Kami mewakili rombongan dan saudara saudari di Bali sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada tim Damar Panuluh Nusantara yang tetap semangat menjaga, merawat, dan melestarikan peninggalan leluhur kami yang ada di Kediri"imbuhnya.
(har)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.