Lumajang, Jatim - Guna memeriahkan dan menyemarakkan peringatan Hari Proklamasi Ke-74 Tahun 2019, Pemerintah Desa Pasirian menggelar berbagai macam kegiatan dan lomba tradisional di Dusun Kedungpakis Desa Pasirian Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (04/08/2019).

Sugeng, Kepala Desa Pasirian menyampaikan, bahwa Pemerintah Desa Pasirian menggelar barbagai macam kegiatan lomba dalam menyemarakkan peringatan Proklamasi Ke-74 Republik Indonesia.

"Selain untuk memeriahkan peringatan Proklamasi Ke-74 Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana untuk mempererat komunikasi dan silaturahmi warga, sehingga dapat terjalin lebih erat," terangnya.

"Pagi ini kita awali dengan kegiatan senam bersama dan dilanjutkan dengan berbagai macam lomba, antara lain lomba makan krupuk, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba balap kelereng dan kegiatan lomba tradisional lainnya," tutur Sugeng.

Sementara itu Serka Sutaryo, Babinsa desa setempat menyampaikan, bahwa turut aktif dalam menyemarakkan peringatan Proklamasi kemerdekaan, dapat memupuk rasa cinta tanah air dan kebersamaan dalam diri setiap warga.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa kegiatan ini juga merupakan sarana komsos bagi babinsa  sebagai aparat teritorial untuk mwnjalin komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat, sehingga dapat menunjang terwujudnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

"Mari kita rayakan peringatan Ptoklamasi ke-74 Kemerdekaan RI kali ini dengan berbagai kegiatan yang positif  dan membangun, serta dapat mmpererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Jon