Wujudkan Pemerataan Kesehatan, Babinsa Alun Alun Jemput Bola




Lumajang, Jatim Tribunus.co.id  - Guna menunjang pemerataan kesehatan masyarakat, Babinsa Alun Alun Koramil 0821/06 Ranuyoso bersama dengan bidan desa melaksanakan strategi jemput bola di Desa Alun Alun, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (14/08/2019).

Ike Kurnia Lindasari, Bidan Desa Alun Alun menyampaikan, bahwa strategi jemput bola dilakukan untuk menunjang pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga pemenuhan hak dasar warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dapat terpenuhi.

"Ada beberapa metode yang digunakan dalam pelaksanaan strategi ini, antara lain melakukan pendataan warga yang sudah atau belum mendapat pelayanan kesehatan, melakukan kunjungan rumah, dan memberikan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kunjungan rumah dilakukan kepada warga yang tidak pernah memeriksakan kesehatannya, sekaligus memberikan pengertian dan pemahaman tentang pentingnya memeriksakan kesehatan ke puskesmas, posyandu maupun posbindu terdekat, khususnya bagi lansia, ibu hamil dan anak-anak.

"Semoga dengan dilaksanakannya strategi ini dapat menunjang program pemerintah dalam pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," harap Ike.

Sementara itu Serka Zulhamdi, Babinsa desa setempat yang turut mendampingi kegiatan mengatakan, bahwa secara geografis, Desa Alun Alun berada di daerah dataran tinggi berupa perbukitan yang jauh dari pusat kecamatan.

"Dengan kondisi seperti itu, sebagian besar warga enggan untuk memeriksaan kesehatan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat, meskioun sebagian dari warga telah memiliki BPJS," ujarnya.

"Diharapkan dengan strategi jemput bola ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan, terutama bagi yang memiliki ibu hamil dan balita, sehingga tujuan program pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat terwujud," pungkas Serka Zulhamdi.

Ani
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.