-->

Irjen. Pol. Firli Bahuri MSi, Resmi Terpilih Sebagai Ketua KPK Periode 2019-2023

Foto Istimewa Irjen. Pol. Firli Bahuri, M.Si, Ketua KPK Periode 2019-2023.
JAKARTA,TRIBUNUS.CO.ID - Komisi III DPR RI kemarin, Kamis (12/9/2019) telah melakukan dan menentukan hasil dari penjaringan berbagai tahapan uji kelayakan untuk menjadi pimpinan lembaga yang sangat vital ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) makah dari hasil penjaringan yang cukup melelahkan tersebut yang dilakukan Capim KPK.

Lima komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023, akhirnya terpilih. Pemilihan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara setelah terlebih dahulu merampungkan fit and proper test di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari. 

Sebanyak 56 orang anggota Komisi DPR RI III yang mewakili seluruh fraksi melingkari 5 dari 10 calon pimpinan KPK yang mengikuti fit and proper test sebelumnya.

Berikut lima pimpinan KPK terpilih sesuai dengan yang dibacakan oleh Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsuddin:

1.Nawawi Pomolango (hakim di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali) dengan jumlah suara 50, 2.Lili Pintauli Siregar (Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode (2013-2018) dengan jumlah suara 44, 3.Nurul Ghufron (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember) dengan jumlah suara 51, 4.Alexander Marwata (komisioner KPK petahana sekaligus mantan Hakim Tindak Pidana Korupsi) dengan jumlah suara 53, 5.Irjen. (Pol) Firli Bahuri (Kepala Polda Sumatera Selatan) dengan jumlah suara 56 suara.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Usai membacakan masing-masing nama itu, Azis meminta persetujuan anggota rapat dengan bertanya, "bisa disepakati?" Sebagian anggota rapat pun berteriak.

“Setuju, “Ujar Semua Anggota Komisi III DPR"

Selanjutnya, rapat tersebut diskors lima menit untuk memilih satu orang dari lima tersebut sebagai ketua baru KPK.

Dari Hasil tersebut, Irjen. Pol. Firli Bahuri, M.Si, telah resmi terpilih sebagai Ketua KPK Periode 2019-2023, keputusan tersebut resmi diumumkan oleh Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin.

Aziz Syamsuddin dalam Konferensi Pers nya mengungkapkan ,”Firli Bahuri, sosok yang berlatar belakang profesi polisi, dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjadi dua calon yang terpilih.

Diketahui Sebelumnya, Irjen Pol Firli Bahuri, MSi belum lama ini menjabat Sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, yang Aktif Sejak 20 Juni 2019 lalu.

Jenderal Bintang Dua Kelahiran Sumatera Selatan tepatnya di Lontar, Muara Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada 8 November 1963.

Pewarta : rn

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama