-->

BABINSA MEDIASI MASALAH KELUARGA SEBAGAI LANGKAH MENJAGA KAMTIBMAS




Manokwari TRIBUNUS.CO.ID - Dalam rangka memastikan desa binaan tetap nyaman dan kondusif serta meminimalisir terjadinya permasalahan yang terjadi di wilayah binaanya. Danpos Tanah Rubuh Ramil 1801-01/Manokwari Pelda Sukar dan Babinsa Serda La Roni membantu menyelesaikan permasalahan suami-istri di Kampung Ukopti Distrik Tanah Rubuh Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Minggu,(06/10/2019)

Permasalahan rumah tangga berawal karena dengan kecantikan yang dimiliki Fince (istri) yang berasal dari Manado, sehingga pemuda pemuda kampung setempat sering menegur membuat Abner cemburu . Abner Timbesray berasal dari suku arfak sedangkan istrinya Fince berasal dari suku Manado. Mereka sudah berkeluarga cukup lama, namun belum juga dikaruniai anak, sehingga Abner curiga jangan sampai istrinya ada minum obat (KB) , sehingga istrinya tidak bisa mengandung.

Dengan berbekal pengalaman Pelda Sukar dan Serda La Roni mempertemukan mereka dan memberikan pemahaman dengan di bantu dari pihak keluarga laki-laki yaitu bapak Marthen  Timbesray dan dari pihak keluarga perempuan bapak Anton. Babinsa bertukar pikiran dan mendengarkan keluh kesah Abner dan istrinya agar bisa mencairkan suasana dan apa yang sebenarnya yang jadi masalah mereka. Supaya lebih dekat lagi sehingga tejalin komunikasi dua arah dan mereka (abner )menyadari kurangnya komunikasi sehingga terjadi kecemburuan dan akhirnya mereka saling memaafkan dan berpelukan.

Dengan mediasi ini Danpos Tanah Rubuh mengharapkan  kesadaran masyarakat tentang pentingnya komunikasi antar  keluarga untuk  keharmonisan suatu  keluarga. Dari  ketenteraman keluarga meningkat ke keamanan lingkungan. serta dapat mempererat hubungan silaturahmi.

Danpos Tanah Rubuh Pelda Sukar mengatakan Babinsa akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi secara langsung dari masyarakat mengenai keadaan kamtibmas di desa binaanya, dan membantu memediasi serta patroli dialogis merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para Babinsa demi terpeliharanya kamtibmas serta Kegiatan ini merupaka langkah dan upaya Babinsa dalam menjalin kemitraan dengan semua potensi masyarakat, Babinsa sebagai basis deteksi dini untuk mewujudkan situasi kondisi kamtibmas yang kondusif.

Pendin

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama