Danramil Birayang Sampaikan Wawasan Kebangsaan Pada Warga Dayak Meratus



Barabai Kalsel. Bertempat di Balai Adat Desa Hinas Kiri, Danramil 1002-01/Birayang Kapten Inf Subhan memberikan wawasan kebangsaan kepada warga dayak meratus dalam acara dialog tematik dengan   tema "Menjaga Semangat Gotong Royong Demi Meningkatkan Rasa Persatuan dan Persaudaraan Desa Hinas Kiri, pada Selasa (15/10).

Acara ini diselenggarakan oleh Forum Keserasian Sosial Desa Hinas Kiri kecamatan Batang Alai Timur kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan pendamping  dari Dinas Sosial Kabupaten HST Indra Fironi, SE.

Disampaikan oleh Kapten Inf Subhan bahwa Wawasan kebangsaan dapat juga diartikan sebagai sudut pandang/cara memandang yang mengandung kemampuan seseorang atau kelompok orang untuk memahami keberadaan jati diri sebagai suatu bangsa dalam memandang dirinya dan bertingkah laku sesuai falsafah hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari,"ujarnya.

Dengan demikian dalam kerangka NKRI, wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan POLEKSOSBUD dan HANKAM.

Adapun tujuan dari wawawan kebangsaan salah satunya adalah terbentuknya bangsa yang kuat, kukuh bersatu, berdaya saing tinggi, dan sejahtera. Selain itu, wawasan kebangsaan juga menjaga sejarah kebangsaan Indonesia dan  kecintaan akan NKRI, dan hal tersebut dapat dilakukan dari lingkup kecil yaitu keluarga kemudian lanjut lingkungan masyarakat," tegas Subhan.(pendim1002)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.