Jalan Kabupaten Banyuasin di Bangun oleh Pemda Muba Itu Saja Tidak-tahu ..???

BANYUASIN,TRIBUNUS.CO.ID - Proyek pembangunan jalan senilai Rp.39 M. PT. KUBN, yang membentang sepanjang sekitar 30 kilometer membelah Dusun 6 Kubu 1 Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan itu, ternyata Proyek pembangunan kabupaten tetangga Musi Banyuasin (Muba) dari Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Muba APBD 2019.

Sumedi warga setempat kepada wartawan, pengerjaan jalan yang dikerjakan PT. KUBN sebagai pemenang lelang nya mulai bekerja awal bulan Agustus 2019 jalan yang di bangun berkavasitas lebar 8 meter, panjang lebih kurang 30 km yang membentang dari Dusun 6 ini menuju wilayah Kecamatan Lalan, Muba.

Ketua RT di Dusun 6 Keluang pun mengaku bingung, ada apa Pemkab Muba membangun jalan sepanjang ini di wilayah Banyuasin.

Awalnya kita tidak tahu karena ada warga kita yang menye stop para pekerja jalan ini lantaran tanam tumbuh kelapa sawit yang berada di pinggir jalan di roboh oleh pekerja yang bangun jalan ini karena tidak ada kejelasan mengapa pohon sawit itu dirobohkan dan warga minta pohon kelapa sawit itu ditanamkan kembali.
Ada belasan pohon sawit warga yang dirobohkan oleh PT yang mengerjakan proyek jalan itu tanpa ada ganti ruginya, maka oleh warga pembangunan jalan itu di stop dan semua pohon sawit yang sudah dibongkar untuk ditanam kembali, ungkap Sumedi sembari akan menanyakan proyek jalan ini kepada Kades dan Camat Tungkal Ilir, sebab jelas proyek jalan ini ada di wilayah Kabupaten Banyuasin, ada apa Pemkab Muba yang sibuk membangunya.

Masalah itu lanjut Sumedi, semua lahan perkebunan milik warga disini itu surat kepemilikan dikeluarkan dan capnya disahkan oleh Pemerintah Banyuasin dan memang proyek jalan ini berada di Dusun 6 Desa Keluang, tutupnya.

Sayangnya Camat Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin, Alpian sampai berita ini ditayangkan belum diminta konfirmasinya, tetapi Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono usai membuka lomba desain Tugu Selamat Datang Kabupaten Banyuasin di Dinas Perkimtan saat ditanya wartawan juga mengaku tidak mengetahui ada proyek jalan yang ada di Kecamatan Tungkal Ilir sampai sepanjang itu dan tidak ada laporan Kades Keluang maupun Camat Tungkal Ilir.

Pakde Wabup Banyuasin yang akrab disapa ini juga ngaku kaget dan akan secepatnya membentuk tim guna melakukan peninjauan ke lokasi, kalau memang itu Hibah dari Pemkab Muba tidak masalah, tetapi kalau bukan mengapa Pemkab Muba yang membangun jalan itu, katanya berbalik tanya.

”Ya Pemkab Banyuasin secepatnya membentuk Tim terlebih dulu dan akhir bulan ini untuk meninjau ke lokasi dan saya sendiri yang akan memimpin dalam Tim itu nanti, terima kasih informasinya itu”, tegas Pakde bergegas untuk meninggalkan Kantor Dinas Perkimtan.

Pewarta ; rn

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.