Monitoring Baksos TNI KB Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK di Desa Bulayak



Hulu Sungai Tengah,  www.tribunus.coid - Setelah dicanangkan oleh Bupati HST Drs.H.A. Chairansyah Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dan kesatuan gerak PKK pada Rabu 9 Oktober 2019 beberapa hari lalu di Puskesmas Awang Besar Kecamatan Barabai, sampai saat ini terus dimonitoring kegiatannya.

Seperti yang dilakukan oleh Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro bersama Plh.Pasiterdim 1002/Barabai Kapten Inf Moh.Alip Suroso, Ketua TP PKK Kab HST Hj Ernawati Chairansyah serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXV Kodim 1002 Koorcab Rem 101 PD VI /Mulawarman Ny. Nur Rohman melaksanakan monitoring Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dan kesatuan Gerak PKK di Aula Kantor Kepala Desa Bulayak Kecamatan Hantakan  Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa  (22/10).

Disampaikan oleh  Kapten Inf Moh.Alip Suroso bahwa “Program KB kesehatan selama ini telah di laksanakan pemerintah pada hakikatnya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk sehingga terjadi  keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang di siapkan oleh pemerintah untuk merealisasikan tujuan tersebut sekaligus dalam kerangka pelaksanaan tugas penyiapan potensi demografi menjadi kekuatan yang tangguh untuk kepentingan pertahanan,  TNI-AD ikut serta melaksanakan program KB kesehatan bersama dengan seluruh instansi terkait,”ujarnya.

Sementara Kabid PP KB Norasikin dalam sambutannya mengatakan, Pemkab HST senantiasa terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat, melalui keterpaduan kebijakan dan pelaksanaan program diberbagai bidang. Dengan program yang terintegrasi, diharapkan upaya-upaya di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, kesehatan dan pemberdayaan perempuan dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua TP PKK Kab HST Hj Ernawati menyampaikan di era global seperti sekarang ini, indikator untuk menilai sejauh mana program keluarga berencana berhasil dilaksanakan tentu bukan hanya pada keberhasilan program ini membatasi jumlah kelahiran dan mengatur jarak kelahiran antar anak. Ketika kemajuan sebuah Bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, maka keberhasilan program keluarga berencana dilihat sejauh mampu mendorong perkembangan kualitas sdm yang makin profesional dan mampu bersaing di era global. Melaksanakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan baik merupakan upaya mewujudkan keluarga sejahtera, sebagai langkah untuk menghadirkan sumber daya manusia berkualitas. Ujarnya.

Dalam acara ini juga mengadakan Pelayanan Pemasangan Kontrasepsi KB Gratis. Yang bersedia untuk mendapat pelayanan KB gratis sebanyak 30 orang, yang terdiri dari Pemasangan baru dengan alat kontrasepsi Implant dan Bongkar Pasang alat kontrasepsi Implant bagi masyarakat desa Hantakan.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Camat Hantakan,  Ibu Persit beserta rombongan, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA), Kepala Desa Maringgit, Ibu Ketua beserta pengurus/anggota TP-PKK Desa Hantakan serta para  undangan lainnya.(pendim1002).

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.