-->

Peduli Kesehatan, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Berikan Pelayanan Kesehatan





Pegunungan Bintang, Papua, www.tribunus.co.id - Satgas Yonif Raider 509 Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas Kiwirok menggelar kegiatan Pelayanan Kesehatan dan Posyandu, di Kampung Pomding, Distrik Kiwirok, Kab. Pegunungan Bintang, Papua. Rabu (23/10).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Komandan Pos (Danpos) Letda Inf Erick Dakusa. Pelayanan Kesehatan tersebut meliputi penimbangan berat badan Balita, pemberian imunisasi Polio dan imunisasi BCG terhadap 15 Balita. Selain melaksanakan pelayanan kesehatan, Danpos juga memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Kampung Pomding.

Sebelum melaksanakan Posyandu, Danpos memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Kampung Pomding. Erick menjelaskan tentang penyakit yang biasa menyerang warganya yakni kaki gajah atau yang biasa disebut Filariasis limfatik.

Filariasis, atau yang lebih dikenal dengan kaki gajah, adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing filaria. Cacing dengan bentuk seperti benang ini hidup pada sistem limfatik (kelenjar getah bening) manusia.

"Di dalam sistem limfatik, cacing akan memengaruhi sistem imun tubuh dan menyebabkan infeksi. Penyakit ini membuat beberapa bagian tubuh Anda membengkak, terutama pada kaki, lengan, dan alat kelamin luar. Namun, tak menutup kemungkinan payudara juga akan membengkak", tutur Erick saat memberikan penyuluhan.

"Filariasis termasuk penyakit kronis yang bisa memberikan efek jangka panjang. Penderita akan mengalami nyeri dan pembengkakan tubuh dalam waktu yang lama hingga kehilangan kemampuan seksual", terangnya.

Selain itu, Erick juga menjelaskan tentang pemberian imunisasi Polio kepada masyarakat, karena masih banyak warga Kampung Pomding yang beranggapan bahwa imunisasi bisa menyebabkan anak menjadi sakit. "Jadi perlu diadakan sosialisasi tentang pelaksanaan imunisasi agar masyarakat mengerti bahwa imunisasi itu penting dan tidak membahayakan", tuturnya.

Erick berharap, kegiatan Posyandu tersebut dapat meningkatkan kualitas kesehatan Balita yang ada di Kampung Pomding, sekaligus dapat mengubah pola pikir masyarakat yang beranggapan bahwa imunisasi bisa membuat anak menjadi sakit.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kiwirok Ny. Margareta juga mengapresiasi prajurit Satgas atas kepedulian dan partisipasinya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Kampung Pomding.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada prajurit Satgas, walaupun tugas pengamanan perbatasan tidak ada hubungannya dengan Posyandu, akan tetapi prajurit Satgas turut serta mengajak dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan Posyandu dan memberikan Penyuluhan Kesehatan. (Pendiv-2)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama