Polisi Ceramahi Ratusan Pelajar tentang Kenakalan Remaja dan Bahaya Media Sosial




Klungkung, Bali, www.tribunus.co.id - Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Klungkung, Ipda Ida Bagus Gede Ariada memberikan ceramah dan penyuluhan kepada ratusan pelajar SMP Negeri 2 Semarapura, Selasa (29/10/2019) sekitar pukul 07.30 Wita. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Semarapura, Ida Bagus Astawa, S.Pd, M.Pd.

Materi yang disampaikan oleh Ipda Ida Bagus Gede Ariada yaitu tentang kenakalan remaja dan bahaya media sosial. Ceramah diawali dengan menjelaskan pengertian kenakalan remaja. Menurutnya, kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.

“Kenakalan remaja yang kita sering temukan, diantaranya bawa motor ugal-ugalan, merokok, bolos sekolah dan mabuk miras. Hal ini apabila tidak dicegah sedini mungkin dapat berakibat fatal bagi masa depan anak itu sendiri,” kata Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Klungkung.

Momen tersebut juga dijadikan kesempatan untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya media sosial, seperti facebook, twitter dan instagram. Banyaknya berita palsu (hoax) yang beredar di dunia maya harus ditanggapi dengan bijak. Sebab, informasi yang disebar oleh orang yang tidak bertanggungjawab itu sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar.

“Setiap informasi yang didapat jangan langsung diterima begitu saja, harus dicek kebenarannya. Kemudian cermati dan teliti kebenaran berita tersebut sebelum dibagikan kembali. Think before you share,” terangnya.

Penulis : Sang Ketut Ardana Klungkung
Editor : Ketut Bina Wartawan

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.