Dandim Sanggau Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda



Sanggau,  www.tribunus.co.id  - Komandan Kodim 1204/Sanggau, Letkol Inf. Gede Setiawan menghadiri Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau, pagi tadi. Dengan mengusung tema"Bersatu Kita Maju" Senin (28/10/19)

Pada kesempatan tersebut, dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si., menyampaikan, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928, yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Lebih lanjut dikatakan, pemuda harus punya karakter yang tangguh, baik karakter moral, kinerja, beriman dan bertaqwa serta berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. Pemuda harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Dikatakan juga, tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju dalam menghadapi persaingan dunia. Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Selamat hari Sumpah Pemuda ke-91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, para pendiri bangsa dan para pahlawan kita," tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diberikan langsung Bupati Sanggau kepada anggota Paskibraka Kab. Sanggau, Pemuda Antar Negara, Peserta Jambore Pemuda Indonesia, Pemuda Pelopor dan Atlet Olahraga Kab. Sanggau. Upacara tersebut melibatkan personel TNI, Polri, ASN, Organisasi Kemasyarakatan, Pelajar dan Komponen masyarakat. Serta dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sanggau, Sekda Kab. Sanggau, Kepala BNN Kab. Sanggau, Kepala SKPD Kab. Sanggau dan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sanggau. ( Pendam XII/Tpr)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.