Ribuan Pelari Ikut Meriahkan Pattimura Run





Ambon, Maluku,  www.tribunus.co.id - Lebih dari 2000 pelari mengikuti event Pattimura Run 10 K dan 5 K yang digelar Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng sejumlah instansi terkait.  Mereka datang dari berbagai daerah, mulai pelari Lokal, Nasional hingga Internasional untuk memeriahkan event lari bergengsi yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke 74 tanggal 5 Oktober beberapa waktu lalu tersebut.

Salah satu pelari Internasional, Samson dan Tomas asal Negara Kenya hadir langsung sebagai bintang tamu. Atlet lari bernomor dada 0741 dan 0742  berhasil memperoleh juara 1 dan 2 pada kategori 10 K umum dengan masing-masing perolehan  waktu 34 menit 36 detik dan 34 menit 45 detik.

Start dimulai sekitar pukul 07.00 WIT, ribuan pelari diberangkatkan langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dengan didampingi oleh Gubernur Maluku Drs Murad Ismail dan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa. Ada beberapa kategori lomba lari yang dibuka yakni 10 Kilometer (TNI-Polri dan umum ) dan 5 Kilometer (Pelajar SD,SMP dan Sma). Mereka berlari mengelilingi beberapa tempat wisata di Kota Ambon seperti Jembatan Merah Putih, Gereja Silo, Masjid Al-Fatah Ambon dan finish di Gong Perdamaian.

Pangdam XVI/Pattimura dalam wawancara persnya dihadapan Media  mengatakan, sangat mengapresiasi  event lari tersebut. Selain digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 74, event ini digelar guna menguatkan sinergitas TNI dengan komponen bangsa lainnya khususnya masyarakat.

"Ini sangat bagus sekali. Ajang lari ini momen tepat untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kota Ambon,"jelas Pangdam. “Sekaligus mencari bibit-bibit unggul”, tegas Pangdam.

Pangdam  mengatakan, event lari tersebut ke depan bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kota Ambon. Lomba lari yang menyediakan hadiah lebih dari Rp 140.000.000,- ini membagi juara dan pemenang untuk seluruh kategori, perempuan dan laki-laki serta klasifikasi master dan non master, yang bersifat terbuka, dengan urutan juara dan pemenang dari satu hingga lima.

Tersedia pula berbagai hadiah tambahan menarik baik untuk para juara maupun door prize bagi peserta. Pelaksanaan Pattimura Run berlangsung aman. Sejumlah personel dari TNI dan kepolisian disiagakan di titik-titik rute lari untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Kegiatan ditutup dengan panggung hiburan dan pembacaan door prize serta pembagian hadiah juara. (Pendam16)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.