Upacara Bendera Memupuk Jiwa Juang, Patriotisme dan Nasionalisme



Kodim 0734/Yogyakarta gelar Upacara Bendera hari Senin, tanggal 14 Oktober 2019 untuk mewujudkan rasa hormat kepada bendera merah putih serta rasa cinta kepada bangsa dan Negara. Lain dari biasanya, upacara yang biasanya digelar di Makodim, kali ini dilaksanakan di Lapangan Grhatama Pustaka Jln. Janti No. 344 Wonocatur, Kec. Banguntapan Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh. Zaenudin, S.H., M.Hum, dengan Komandan Upacara Kapten Kav Rusdin dan Perwira Upacara Kapten Inf Kusbandono serta diikuti oleh seluruh Anggota Kodim 0734/Yogyakarta baik militer maupun PNS.

Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh. Zaenudin, S.H., M.Hum,mengatakan, Upacara pengibaran bendera dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta mengenang jasa para Pahlawan dan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.

"Upacara bendera juga memiliki makna penting, sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit TNI, khususnya di wilayah Kodim 0734/Yogyakarta sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, Staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas", pungkasnya.

Usai pelaksanaan Upacara Bendera dilanjutkan dengan kegiatan pemberian beasiswa oleh Komandan Kodim 0734/Yogyakarta kepada putra-putri anggota Kodim 0734/Yogyakarta yang berprestasi dari Pangdam IV/Diponegoro serta nonton film bersama tentang sejarah “Selokan Mataram” dan “Malioboro”.  (Pendim)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.