Lantamal I Gelar Berbagai Kegiatan Dalam HUT Armada RI 2019




Medan, Sumut - Dalam rangka memperingati HUT Armada RI Tahun 2019 Lantamal I melaksanakan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya masyarakat Pesisir yang merupakan Binaan Lantamal I. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain:
1. Pengecatan rumah di Kampung Nelayan Seberang Belawan yang dihuni 600 kk.
2. Pernikahan Massal
3. Pengobatan Massal
4. Bhakti Sosial
5. Lomba Taman
6. Lomba Mancing
7. Lomba melukis dinding dengan nuansa Bahari

Pengecatan sejumlah 591 unit rumah di Kampung Nelayan Seberang Belawan ini merupakan gagasan yang dicetuskan oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M. untuk merubah kampung nelayan seberang menjadi hunian yang cantik dan dapat menjadi destinasi baru wisata pesisir di kota medan. Hal ini adalah bentuk kepedulian TNI AL dalam hal ini Lantamal I pada Desa Binaan agar menjadi desa yang terlihat cantik, asri, jauh dari kesan kumuh dan kotor. Selain itu juga untuk merubah wajah hunian warga desa binaan tersebut dengan kegiatan pengecatan rumah-rumah hunian warga Kampung Nelayan Seberang Belawan.

Pelaksanaan pengecatan dimulai pada tanggal 21 Oktober 2019 dengan melibatkan personel dari Mako Lantamal I Belawan, Masyarakat, Pemda setempat, Mitra Lantamal I dan Instansi terkait. Sedangkan dalam kegiatan pengecatan ini mendapatkan bantuan dari para donatur berupa bantuan Cat maupun Kuas. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga terciptanya destinasi wisata bahari yang baru dapat segera terwujud.

Salah satu bukti kepedulian Lantamal I terhadap Masyarakat Desa Binaan adalah pelaksanaan Pernikahan Massal warga Kampung Nelayan Seberang, kegiatan ini diadakan karena didapati beberapa warga yang sudah menikah tetapi belum memiliki buku nikah resmi yang dikeluarkan oleh Negara dalam hal ini Kantor Urusan Agama/Catatan Sipil. Dengan tidak dimilikinya Buku Nikah, warga tersebut menghadapi kesulitan dalam mengurus keperluan sekolah anak. Adapun hasil pengumpulan data administrasi Nikah Massal oleh Lantamal I, didapatkan data sejumlah 40 pasangan yang siap dikoordinasikan dengan KUA setempat untuk pelaksanaan Nikah Massal.

Lantamal I dalam hal ini Staf Potensi Maritim juga menerima keluhan dan kesulitan dari warga Kampung Nelayan Seberang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, keluhan warga tersebut direspon Lantamal I dengan mengadakan pelayanan Pengobatan Massal Gratis kepada warga sebagai bentuk kepedulian kepada kesulitan yang dihadapi masyarakat. Bentuk pengobatan yang diberikan adalah Pengobatan Umum dan Pengobatan Gigi, dikarenakan kesehatan menjadi hal yang sangat penting sekali, agar menjadi bangsa yang produktif, disamping pelayanan kesehatan gratis juga diberikan sumbangan berupa kursi roda, dan paket sembako.

Sebagai kekuatan matra laut yang identik dengan perairan, Lantamal I mewadahi talenta-talenta para penghobi mancing (Mancing Mania) dengan menggelar acara Lomba Mancing dalam rangka HUT Armada RI Tahun 2019 di Dermaga Mako Lantamal I, disamping kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar dan juga untuk menghasilkan para pemancing-pemancing handal yang berada di Kota Medan dan sekitarnya, serta untuk menarik minat para mancing mania ini, Lantamal I menyediakan hadiah baik berupa uang tunai maupun hadiah doorprize bagi peserta Lomba Mancing.

Untuk kegiatan internal Lantamal I dalam menyambut HUT Armada RI Tahun 2019 ini dilaksanakan Lomba Taman, kegiatan ini selain untuk menata taman-taman yang berada di masing-masing kewasgiatan/satker agar terlihat lebih indah, asri dan sedap dipandang mata, juga diharapkan akan timbul kepedulian personel Lantamal I terhadap lingkungan tempat berdinas, penilaian pemenang lomba taman ini dilaksanakan oleh Ibu-ibu Pengurus Jalasenastri Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I. Termasuk juga dilaksanakan Lomba Melukis dinding bernuansa Bahari yang diikuti oleh seluruh Kewasgiatan dan Satker Lantamal I, diharapkan lukisan tersebut dapat dijadikan Lokasi Foto/Selfie.

Komandan Lantamal I mengharapkan dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Armada Tahun 2019. agar para personil Lantamal I semakin  meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap kesulitan masyarakat sekitarnya. Sehingga diharapkan akan semakin erat kemanunggalan antara TNI dan rakyat, disamping itu kepedulian terhadap lingkungan tempat kerja merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI  kepada Bangsa dan Negara.  (Pen)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.