-->

Petani Mangunsari Lumajang Diharap Jaga Kebersihan Saluran Irigasi



Lumajang, www tribunus.co.id  - Bati Tuud Koramil 0821/15 Tekung Pelda Solikin mengatakan, bahwa guna menjamin ketersediaan air bagi lahan pertanian, petani diharap selalu menjaga kebersihan saluran irigasi, agar mengalirkan air dengan lancar.

"Kebersihan saluran irigasi harus selalu dijaga dari sampah dan tanaman liar yang dapat menghambat aliran air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bagi lahan sawah yang dilaluinya," ujarnya saat membantu pembangunan saluran irigasi di Dusun Kampung Baru RT 001 RW 001 Desa Mangunsari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (5/11/2019).

Solikin juga mengatakan, bahwa selain melaksanakan pembinaan wilayah, sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga bertugas mendampingi dan membantu petani di wilayah dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

"Dengan terjaganya kebersihan saluran irigasi ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi lahan sawah petani, sehingga upaya peningkatan hasil pertanian di Desa Mangunsari dapat dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Mangunsari Samsul menyampaikan, bahwa saliran irigasi yang dibersihkan tersebut sepanjang 200 meter dengan lebar 2,5 meter, yang nantinya akan mengairi lahan pertanian Kelompok Tani (Poktan) Kampung Baru seluas 49 hektar.

Dia menambahkan, melalui kegiatan tersebut tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap petani untuk lebih meningkatkan hasil panen, sehingga dapat menunjang keberhasilan program Ketahanan Pangan Nasional sesuai dengan harapan pemerintah.

"Terima kasih kepada Personel Koramil 0821/15 Tekung yang telah membantu pelaksanaan kegiatan pembersihan ini, semoga tujuan Ketahanan Pangan Nasional dalam mensejahterakan petani dan masyarakat dapat tercapai dengan maksimal," pungkasnya.
.
(Pendim0821/Fj).

.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama