-->

Sertu Supiani Bentuk Pemimpin Yang Handal Melalui LDKS




Barabai Kalsel. www.tribunus.co.id - Babinsa koramil 1002-07/Pagat Sertu Supiani memberikan materi dasar kepemimpinan dalam  Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMK Negeri 2 Barabai yang diikuti oleh 60 siswa kelas X dan XI semua Jurusan,pada minggu (01/12/19).

Dihadapan peserta LDKS Sertu Supiani menyampaikan bahwa Latihan dasar kepemimpinan atau yang biasa disebut dengan LDK adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan anggota baru dari suatu organisasi maupun kelompok dalam membentuk pemimpin yang handal.

Lebih lanjut Supiani menjelaskan bahwa ada tiga faktor utama yang dapat dilakukan oleh calon pemimpin agar dapat berhasil dan berdaya guna yaitu Kedisiplinan, Rasa Solidaritas dan rasa tanggung jawab,"katanya.

Kedisiplinan dibangun untuk membuat peserta paham terhadap norma dan standar etika yang ada. Apabila dapat memahaminya maka akan timbul tindakan yang sesuai. Dengan begitu seseorang dapat lebih sistematis dan teratur. Kedisiplinan juga memberikan  pemahaman akan pentingnya nilai waktu yang membuat seseorang menghargai dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Hal-hal tersebut akan menghasilkan ketentraman dan juga rasa saling percaya satu sama lain dalam organisasi.

Rasa Solidaritas  Melalui kegiatan ini, seluruh peserta diuji rasa solidaritasnya. Bagaimana setiap individu harus rela berkorban demi kelompoknya, bagaimana mengenyampingkan ego, dan lainnya. Jika solidaritas terbentuk maka hubungan interpersonal pun akan terjadi dimana rasa kepedulian satu sama lain akan timbul, memahami kelebihan dan kekurangan, dan membantu disaat senang maupun duka. Dengan membangun solidaritas suatu kelompok akan menjadi kompak sehingga dapat mencapai tujuan dan keselarasan bersama.

Bertanggung jawab  berarti menyelesaikan kewajiban yang seharusnya dilakukan. Dengan bertanggung jawab peserta membangun komitmen akan apa yang dikerjakan. Jika seseorang dapat memahaminya maka ia akan tau konsekuensi yang akan terjadi apabila kewajiban tidak dilaksanakan. Sikap bertanggung jawab sangat amat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting dalam berorganisasi karena mempengaruhi kinerja secara keseluruhan.

Dari ketiga faktor tersebut apabila dapat dilaksanakan oleh para peserta maka dia akan menjadi pemimpin yang baik dan dapat diandalkan,"tegas Supiani.

(pendim1002).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama