Kapolres Pasuruan Kota Turun Naik Perahu Memantau Debit Air dan Jalur Aliran Sungai Welang - TRIBUNUS.CO.ID

Kapolres Pasuruan Kota Turun Naik Perahu Memantau Debit Air dan Jalur Aliran Sungai Welang



Pasuruan Tribunus.co.id Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander,S.I.K,MH melaksanakan pengecekan Giat Debit Air dan Kondisi jalur aliran Sungai Welang di Desa Tambakrejo Kecamatan,Kraton Kabupaten Pasuruan Minggu(5-1-2020).


Dalam Kegiatan Pengecekan Sungai Welang Yang di Pimpin Langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Dony Alexander S.I.K MH Didampingi Kompol Mario Prahatito S.H.S.I.K Serta Jajaran Polres Pasuruan,Bersama Kapolsek Gadingrejo,Kapolsek Kraton,Camat Kraton dan Anggota BPBD Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota beserta PJU Polres Pasuruan Kota saat tiba di Lokasi, dan singgah terlebih dahulu di Rumah Kepala Desa Saudara Bambang S.Sebelum menyelusuri Aliran Sungai Welang Untuk melaksanakan Giat Dialogis terlebih dahulu dengan memberikan pesan Kamtbmas terkait dengan Siaga Antisipasi Bencana Alam Banjir dikarenakan saat ini Sudah memasuki Musim Penghujan dan Sesuai dengan Informasi dari BMKG beberapa hari kedepan berpotensi cuaca Ekstrem.


Kapolres bersama rombongan yang di dampingi Kepala Desa Tambakrejo Menuju Dermaga untuk Melaksanakan Pengecekan Kondisi Tanggul dan Debit Air sepanjang aliran Sungai Welang Mengendarai 2 Unit Perahu Yang di kemudikan mahmud berangkat untuk pengecekan Debit Air dengan rute menuju ke arah Muara Laut arah utara.

Dalam perjalanan menuju Muara laut,ditemukan bahwa terdapat Beberapa titik jalur aliran Sungai yang menyempit dan ranting-ranting pohon bambu yang menjorok ke Sungai sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan sampah karena terhambat di ranting-ranting tersebut.

Selain itu juga ada beberapa Sampah yang Menumpuk di sisi Aliran Sungai sehingga Hal tersebut Berpotensi menghambat Aliran Sungai yang dapat menyebabkan terjadinya Banjir,Apabila saat Hujan deras disertai Air Laut sedang Pasang.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander S.I.K MH mengatakan, bahwa tujuan dari Giat pengecekan Kondisi jalur Aliran Sungai Welang ini adalah mengetahui apa penyebab dari sering terjadinya banjir saat hujan deras turun.

“Setelah dilakukan pengecekan tadi diketahui bahwa terdapat beberapa penyempitan di jalur aliran sungai, serta ada beberapa titik sungai dengan kedalaman yang dangkal, selain itu banyaknya sampah menumpuk yang berada di sisi sungai ataupun di tengah-tengah aliran sungai,” kata Kapolres.

Setelah mengetahui penyebab tersebut, lanjut Kapolres, dari pihak Kepolisian akan bekerja sama dan sama-sama bekerja dengan stakeholder terkait untuk melakukan langkah-langkah guna antisipasi terjadinya bencana banjir khususnya di daerah yang dilalui oleh aliran sungai welang.

“Kedepan kami merencanakan akan mengajak bersama warga masyarakat untuk bersama-sama membersihkan tumpukan-tumpukan sampah maupun tanah yang menyebabkan terjadinya pendangkalan kedalaman sungai, agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar saat hujan deras turun dan saat air laut sedang pasang,” ujarnya.

Dengan adanya Pengecekan Debit Air dan Kondisi jalur Sungai Welang Pada Saat ini, Semoga di wilayah tambakrejo Kecamatan,Kraton khususnya di Desa Bulu Bisa Mengurangi Ketinggian Air di Saat Banjir,"Pungkas Warga setempat.
Loading...
Kapolres Pasuruan Kota Turun Naik Perahu Memantau Debit Air dan Jalur Aliran Sungai Welang Kapolres Pasuruan Kota Turun Naik Perahu Memantau Debit Air dan Jalur Aliran Sungai Welang Reviewed by LBI on Minggu, Januari 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar