Kodim 0731/Kulon Progo Berikan Penyuluhan Virus Corona Bagi Anggota - TRIBUNUS.CO.ID

Kodim 0731/Kulon Progo Berikan Penyuluhan Virus Corona Bagi Anggota



Kulon Progo. DIY, tribunus.co.id - Penyuluhan Pnumonia Corona Virus, Stroke dan Hipertensi diselenggarakn oleh Kodim 0731/Kulon Progo kepada anggota, dihadiri Kapten Ckm Yulianto, Ka Intal Rawat Inap Denkesyah 04.04.02 Yogyakarta, dengan narasumber dr. Dian Indah Vitarini, MMR dari Klinik Pratama Kartika 0731/Kulon Progo.

Sambutan Komandan Kodim 0731/Kulon Progo disampaikan oleh Kapten Kav Isngapuan (Danramil 11/Pengasih), mengajak kepada seluruh anggota agar mendengarkan dan memperhatikan apa yang akan disampaikan narasumber berkaitan dengan Virus Corona yang saat ini sedang merebak di Tiongkok, dan menjadi perhatian di semua negara.

Kapten Ckm Yulianto dalam sambutannya mengatakan bahwa penyuluhan Pnumonia Corona Virus, Stroke dan Hipertensi akan disampaikan oleh dr. Dian dan apabila anggota belum paham, dapat bertanya langsung, agar kita terhindar dari Virus Corona dan Virus yang lainnya.

Disampaikan oleh dr. Dian Indah Vtarini , MMR bahwa Pneumoniia Corona Virus adalah peradangan pada parenkim paru yang diduga disebabkan coronavirus pertama kali dilaporkan pada 31 Desember 2019 di Kota Wuhan Propinsi Huberi Tiongkok.  Cara penularan Virus Corona saat ini diduga bersifat zoonis, yang penularannya terjadi antara hewan ke manusia dengan cara kontak melalui udara, saat ini penularan Virus Corona penularannya terjadi antara manusia dan manusia.

Lebih lanjut disampaikan bahwa gejala terkena Virus Corona adalah demam diatas 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, batuk kering atau basah, kesulitan bernafas dan ada riwayat bepergian ke dan atau dari Wuhan Cina 14 hari terakhir.

Komplikasi akibat Virus Corona adalah pneumonia berat, sepsis, syok sepsis, gagal napas, multiorgab dysfunction sindrom dan kematian.

Cara edukasi untuk menghindari dan mencegah Virus Corona antara lain dengan menjaga kebersihan tangan dan mencuci tangan sesuai standar WHO, etika batuk dan bersin, ketika memiliki gejala saluran napas maka gunakan masker dan berobat ke layanan kesehatan, hindari bepergian ke daerah sumber Virus Corona, sampai saat ini belum ada vaksinasi yang tersedia untuk Virus Corona.

Selain tentang Virus Corona dr. Dian juga mengupas tentang Stroke dan Hipertensi.  Gejala stroke antara lain wajah dan mata tampak turun kebawah, sakit kepala yang berlebihan, mengalami masalah penglihatan, kebingungan, kesulitan berfikir dan mulai jadi pelupa. Hipertensi merupakan faktor utama stroke, maka dari itu kita harus selalu mengontrol agar tensi kita normal. Pencegahan Stroke adalah dengan obat anti hipertensi, perbaikan pola makan dan pola pikir serta jangan stres, sedangkan faktor resiko hipertensi adalah kegemukan, merokok dan makan jeroan. Tips mengontrol hipertensi adalah dengan kontrol tekanan darah secara teratur, berhati- hati menggunakan obat, minum obat sesuai anjuran dokter dan ketahui tekanan darah 120/90, demikian jelas dr. Dian. (Pendim 0731/KP).
Loading...
Kodim 0731/Kulon Progo Berikan Penyuluhan Virus Corona Bagi Anggota Kodim 0731/Kulon Progo Berikan Penyuluhan Virus Corona Bagi Anggota Reviewed by admin dua on Senin, Februari 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar